Indonesia   English     

Tentang UNS

Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.,

Dalam usianya yang lebih dari tiga dasa warsa UNS-Solo telah berkembang menjadi salah satu universitas yang terpandang di Indonesia. Berbagai fasilitas dan infrastruktur tersedia relative lengkap dan cukup memadai. Pengembangan program studi, peningkatan kualitas SDM serta peningkatan peran serta unit-unit penunjang serta lembaga juga telah memberikan hasil yang signifikan bagi kemajuan kelembagaan.

Keberhasilan yang lebih utama dari outcome dari semua itu telah tampak dari semakin meningkatnya kulitas lulusan yang ditandai dengan semakin meningkatnya rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Angka Efisiensi Edukasi (AEE), dan lulusan berpredikat cumlaude serta semakin memendeknya masa studi. Karena itulah, alumni UNS telah banyak terserap di dunia kerja dan tersebar ke seluruh Indonesia seta mulai banyak menempati posisi penting di masyarakat. Di bidang riset, prestasi yang diraih dalam ajang hibah kompetisi juga semakin meningkat. Jalinan kerjasama UNS dengan berbagi lembaga baik di dalam maupun di luar negeri juga semakin meningkat dan memnerikan hasil yang signifikan.

Kebijakan pokok yang dijalankan adalah menerapkan dengan sungguh-sungguh Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi, yaitu: penjaminan kualitas, otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi kinerja secara berkelanjutan. Agar pengembangan dan keberhasilan UNS dapat dicapai secara merata, maka sebagai landasan arah pengembamngan dan kebijakan tersebut UNS menerapkan corporate management secara sungguh-sungguh di setiap unit  kerja. Dengan demikian akan terjalin kerjasama secara sinergis dan tepadu antar unit (cohensiveness), bersama-sama meningkatkan kemandirian (otonomi), serta terjaminnya akuntabilitas dan quality assurance di semua bidang.

Untuk menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas, UNS didukung oleh 1.551 dosen, dimana 305 dosen (19,7%) berpendidikan S-3, 43 dosen (2,8%) berpendidikan spesialis, 1.121 (72,3%) berpendidikan S-2, 20 dosen (1.3%) berpendidikan dokter, dan 62 dosen (4,0%) berpendidikan S-1. UNS juga didukung oleh 1.032 tenaga administrasi yang cukup professional. Keseluruhan sumber daya mausia tersebut menjadi asset yang berharga untuk menggerakkan roda organisasi menuju terwujudnya visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan.

Sampai saat ini UNS telah memiliki sembilan fakultas dan satu program pascasarjana, yang menawarkan 131 program studi, yaitu: 24 prodi pada program diploma, 56 prodi pada program S-1, 30 prodi pada program S-2, 9 prodi pada program S-3, dan 12 prodi program pendidikan dokter spesialis. Semuanya ditunjang dengan fasilitas yang memadai: laboratorium yang bersertifikasi, laboratorium bahasa dengan fasilitas Self Access Centre, dan perpustakaan yang dikelola secara computerisedan berbasis  tehnologi informasi modern seperti teleconference maupun web base learning. Sampai dengan Semester Agustus – Januari Tahun Akademik 2012/2013, jumlah mahasiswa terdaftar adalah 35.562 orang, dengan total alumni UNS telah mencapai 131.315 alumni yang tersebar ke seluruh Indonesia dan mulai banyak menempati posisi penting di masyarakat.

UNS selain terus berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran, sebagai implementasi dharma yang kedua dan ketiga Tridharma Perguruan Tinggi, UNS juga terus berusaha meningkatkan kualitas produk penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Upaya peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat terus dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Dalam melaksanakan tugasnya LPPM didukung 20 Pusat Studi dan 3 Unit Kerja yang menjadi bawahannya.