Ikuti Pameran Terbesar di Indonesia, UNS Siap Jaring Mahasiswa Baru 2015

10
Universitas Sebelas Maret (UNS) mengikuti pameran terbesar di Indonesia yang bertajuk 24th Indonesia International Education and Training Expo 2015. Pameran yang diselenggarakan selama empat hari, Kamis-Minggu (5-8/2/2015), tersebut digelar di Hall B Jakarta Convention Centre (JCC) Jakarta. Acara tahunan ini merupakan kerja sama antara PT. WAHYU PROMO CITRA dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Diikuti oleh 91 institusi pendidikan baik dari dalam dan luar negeri, pameran ini dikunjungi pengunjung sekitar 30 ribu orang. Peserta pameran ini berasal dari perguruan tinggi baik negeri dan swasta (PTN/PTS) seperti UNS; UGM; dan Universitas Trisakti, perguruan tinggi kedinasan seperti Dirgantara Pilot School Tasik, Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) dan Pusdiklat seperti TNI Angkatan Laut (AL), overseas study seperti Universiti Sains Malaysia, dan sebagainya. Sedangkan para pengunjung berasal dari siswa SMA kelas XII, orang tua/wali siswa, sarjana baru yang ingin melanjutkan studi, kalangan birokrat, berbagai staf dinas lembaga, dan masyarakat umum.

Dari persiapan hingga pelaksanaannya, secara teknis tim dikoordinasikan langsung oleh Bagian Data dan Informasi pada Biro Perencanaan dan Informasi. Sriyanto selaku Kepala Biro Perencanaan dan Informasi secara intens memberikan pengarahan mulai awal persiapan hingga pelaksanaannya, serta turun langsung sebagai narasumber menyampaikan informasi di lokasi pameran. Narasumber lain adalah Sutrisna (Kepala Bagian Data dan Informasi), Harmadi Subiatmoko (Kepala Subbagian Informasi), Widyatmoko (Kepala Bagian Pendidikan), Agung Yudi P. (Kepala Subbagian Data), dan Sumpono serta Margiyanto yang merupakan Staf Bagian Rumah Tangga.

Pada pelaksanaan pameran tersebut, narasumber memberikan informasi kepada para pengunjung untuk mengenal lebih dekat profil UNS dengan beberapa capaian prestasi dan inovasi karya yang membanggakan dari civitas dan mahasiswa UNS, dan sebagainya. Berbekal lebih dari 3000 eksemplar paket informasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sebelas Maret (SPMB UNS) tahun 2015 untuk program Diploma dan Sarjana, 500 leaflet untuk program Pascasarjana, booklet Profil UNS, Prospektus UNS, serta materi pendukung lainnya yang habis diminta oleh pengunjung yang notabene benar-benar membutuhkan informasi tentang UNS dan penjelasan tentang SPMB di UNS.

Terpisah, Sutrisna mengatakan bahwa secara keseluruhan, baik pelaksanaan dan antusiasme pengunjung untuk mengetahui UNS dan ingin masuk menjadi bagian dari UNS sangat tinggi. “Tim telah menyampaikan informasi-informasi yang diperlukan dalam pameran tersebut, dan terlihat bahwa pengunjung puas dan saksama mendengarkan penjelasan. Informasi sudah kami sampaikan terutama kepada siswa SMA, orang tua, dan juga guru-guru tentang UNS. Baik UNS itu seperti apa, kemudian prestasi UNS apa saja, juga jalur masuk dan bagaimana cara dan syarat-syaratnya untuk menjadi mahasiswa UNS,” terang Sutrisna.

Selain berisi tentang publikasi dari berbagai institusi pendidikan, pameran ini juga diramaikan dengan beberapa acara pendukung seperti Talkshow tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMTN), Talkshow Kiat Mendapatkan Beasiswa PTN, Demo Festival Robot, Mengenal Perguruan Tinggi Swasta Unggulan, Lomba Pidato Bahasa Mandarin, dan lain sebagainya. [moko/dodo.red.uns.ac.id]

Skip to content