UNS — Alumnus Program Studi (Prodi) Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Josephine Angelina Christyanti membeberkan rahasia menghadapi interview dari sisi rekruiter. Josephine yang saat ini bekerja sebagai Employer Branding di Dagangan membawakan materi tentang Setting the Right Mindset to Prepare for Job Interview.

“Pertama, pahami sisi rekruiter. Sebagai rekruiter kita nggak mencari kandidat yang perfect. Tapi kita mencari kandidat yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Recruitment is all about placing the right person in the right place at the right time. Kita nggak cuman ingin tahu apa yang kandidat bisa, tapi juga apa yang kandidat harapkan dari karirnya dan dari perusahaan. Karena sebagai rekruiter kita juga nggak mau rekrut kandidat yang tidak sesuai dengan kebutuhannya dia. Selain itu, menjadi kandidat yang cocok untuk bisa dipilih oleh rekruiter, harus memiliki kesamaan visi dan kesamaan dengan apa yang sedang dicari oleh perusahaan melalui posisi yang dilamar,” ujar Josephine saat menjadi narasumber talkshow Behind The Mind of The Interviewers: Kupas Tuntas Persiapan Interview dengan Ahlinya pada Selasa (7/6/2022).

Josephine menambahkan bahwa modal saat interview adalah diri sendiri. Kamu bisa memoles Curriculum Vitae (CV) atau resume semenarik mungkin. Namun pada akhirnya ketika saatnya interview, kamu hanya memiliki diri kamu sendiri.

“Kemudian saat interview ada 3 hal yang rekruiter butuhkan yakni pengetahuan tentang diri kamu, pengalaman kamu, dan kemampuan yang kamu punya. Kamu tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri, tahu kekuatan diri, tahu kesempatan untuk bertumbuh, tahu aspirasi diri, dan sebagainya. Kemudian kamu bisa menceritakan dan menjual diri dari pengalaman kamu sebelumnya. Serta pastikan kemampuan kamu sekarang sesuai dengan posisi yang kamu lamar,” terang Josephine.

Sebagaimana yang diungkapkan Josephine, adanya proses interview untuk mengenal diri kamu lebih dalam.  Adapun tujuan dari interview adalah untuk memvalidasi CV atau resume yang dibuat, kecocokan kamu dengan budaya kerja perusahaan, mengetahui motivasi kamu melamar suatu pekerjaan, serta menggali aspirasi kamu seperti tujuan kamu ke depan juga bagaimana kamu berkontribusi terhadap perusahaan.

Rahasia Taklukan Interview dari Sisi Rekruiter

“Ketika interview jangan lupa untuk memperhatikan attitude kamu. Biasanya kriteria kandidat yang dilihat rekruiter saat interview meliputi kemampuan problem solving, kemampuan leadership, baik memimpin diri sendiri, memimpin orang lain, dan sikap bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, memiliki inisiatif, berjiwa inklusif, mau bekerja sama dengan siapa saja tanpa memandang ras, suku, agama, dan sebagainya, memiliki dampak pada pengalaman sebelumnya, serta memiliki jiwa entrepreneurship,” jelas Josephine.

Selanjutnya untuk behavioral interview, rekruiter menerapkan teknik Behavioral Event Interview (BEI). BEI adalah teknik interview untuk menggali informasi mengenai pengalaman kandidat yang pernah dilakukan sebelumnya. Karena teknik ini mampu memprediksi kinerja kandidat di masa depan.

Sementara itu, kesalahan yang biasanya dilakukan saat sesi interview adalah tidak mempersiapkan dengan baik, terlambat dan tanpa mengabari, suka memotong pembicaraan, memberikan jawaban palsu atau berbohong, jawaban tidak konsisten dan bertele-tele, serta memiliki keterbatasan kosa kata.

“Cara menjawab interview yang terstruktur bisa mengunakan teknik Situation, Task, Action, dan Result (STAR). Pada situation kamu bisa menceritakan kondisi kamu saat mengerjakan pekerjaan itu bagaimana, tantangan apa yang dihadapi, tugasnya seperti apa. Kemudian pada task kamu bisa menyebutkan tujuan yang ingin dicapai. Selanjutnya pada action kamu bisa memberitahukan hal yang menjadi tantangan kamu diawal untuk dicari solusinya. Serta pada result kamu bisa menceritakan hasil dari apa yang kamu kerjakan,” lanjut Josephine.

Adapun tips dari Josephine ketika menjawab pertanyaan interview yakni memberikan jawaban yang relevan, tidak bertele-tele, dan fokus pada substansi. Kemudian rekruiter juga memahami jika kamu membutuhkan waktu sejenak untuk menyusun jawabanmu. Serta jangan membual tentang pengalaman kamu maupun perusahaan yang pernah kamu bekerja sebelumnya.

Terakhir Josephine juga berpesan untuk yang saat ini sedang merancang career path kedepan, hal yang harus  dikenali terlebih dahulu adalah know yourself. Kemudian membuat strategi jalan apa yang mau diambil. Buat juga tujuan ke depan dan apa saja yang ingin diraih. Karena dengan berjalannya waktu hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui titik berangkat kamu mulai dari mana. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Mahasiswa Agribisnis UNS Raih Juara 2 Lomba Business Proposal Competition Tingkat Nasional

UNS --- Prestasi di tingkat nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret...

Dosen UNS Meraih Penghargaan Achmad Bakrie Award XVIII

UNS --- Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dr. Tonang Dwi Ardyanto mendapat...

Tim KKN UNS Desa Borobudur Mengadakan Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah

UNS --- Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

DWP UNS Gelar Donor Darah Rutin di RS UNS

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar donor...

Guru Besar UNS Masuk Dalam 29 Ilmuwan Internasional yang Menjadi Mentor Peneliti Muda Indonesia

UNS --- Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masuk dalam 29 ilmuwan internasional...

Komisi I DP UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke IPB dan UI

UNS --- Komisi I Dewan Profesor (DP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kunjungan...

Mahasiswa UNS Mengadakan Pelatihan Pembuatan Permen Susu di Gemaharjo, Kabupaten Pacitan

UNS --- Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wedangan IKA UNS Seri 111 Bahas Refleksi 77 Tahun Kemerdekaan RI

UNS --- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), acara Wedangan Ikatan Keluarga...

Masuki Usia Baru, FKOR UNS Merayakan Dies Natalis ke-4

UNS --- Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merayakan dies...

Kuliah Umum PKKMB UNS Hadirkan Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir

UNS --- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia, H. Erick Thohir, B.A., M.B.A. turut...