Dibentuk berdasarkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret (SOTK UNS) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2014 yang memiliki tugas melakukan pengembangan unit usaha dan mengoptimalkan perolehan sumber-sumber pendanaan universitas untuk mendukung pelaksanaan penerapan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Universitas Sebelas Maret (BLU UNS).

Visi

Menjadi badan pengelola usaha yang inovatif dan professional dalam pengelolaan, pengembangan, dan mengkoordinasikan unit usaha sehingga mampu mengoptimalkan perolehan sumber-sumber pendanaan universitas.

Misi

  • Menumbuhkembangkan unit-unit usaha komersial yang produktif dengan mengembangkan antara lain
    1. Hotel Pusdiklat UNS (UNS Inn) dengan fasilitas 68 kamar, lima ruang meeting, restoran dan lounge, dan catering; Asrama mahasiswa dengan fasilitas 288 kamar.
    2. Penginapan harian, mingguan, dan bulanan dengan 223 kamar , ruang pertemuan, kantin, wifi corner; Pusbangnis fasilitas showroom tenant 11 ruang, 3 ruang meeting, penginapan kamar dan perkantoran.
    3. Bengkel dan workshop dengan fasilitas bengkel mesin, cuci mobil/motor, pelatihan welding, dan pelatihan lainnya;
    4. Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM UNS) dengan fasilitas produk air minum (gelas, botol, dan galon).
  • Menumbuhkembangkan usaha percetakan dan bookstore, UNS Press fasilitas percetakan internal dan publik; UNS Bookstore fasilitas toko buku dan cenderamata.
  • Optimalisasi pengelolaan aset yang dimiliki univesitas berupa outlet bank dan ATM, pemasangan BTS dan monopole, kantin, kantor pos, dan Nusantara Tour and Travel.
  • Mendorong dan mendukung tumbuh serta berkembangnya layanan konsultasi dan jasa profesi, meliputi medical center, laboratorium terpadu, UPT Bahasa, UPT TIK, layanan studi LPPM, layanan konsultasi dan jasa berbagai bidang.
  • Menumbuhkembangkan layanan HKI meliputi pendaftaran HKI, konsultasi HKI, layanan jasa dan konsultasi bantuan hukum target pengembangan 2017.
  • Mendorong dan mendukung hilirisasi, komersialisasi dan inkubasi bisnis.
  • Mendorong Pengembangan Inovasi Teknologi (PIT), antara lain: pengembangan motor listrik;
    pengembangan teknologi lain untuk mendukung/mendorong kreativitas mahasiswa dan dosen.