Biro Universitas Sebelas Maret

Biro merupakan unsur pelaksana administrasi UNS yang menyelenggarakan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh unsur di lingkungan UNS dipimpin oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab kepada Rektor, yang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Wakil Rektor sesuai dengan bidang tugasnya. Biro terdiri atas:

Biro Akademik dan Administrasi Kerja Sama; mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang akademik, urusan hukum, dan pengembangan kerja sama. Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Akademik dan Administrasi Kerja Sama menyelenggarakan fungsi: a. pelaksanaan layanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; b. pelaksanaan evaluasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat; c. pelaksanaan registrasi dan statistik mahasiswa; d. pelaksanaan urusan hukum; e. pengembangan kerja sama dalam dan luar negeri; dan f. koordinasi pelaksanaan program kerja sama dalam dan luar negeri. Biro Akademik dan Administrasi Kerja Sama terdiri atas:
a. Bagian Akademik;
b. Bagian Hukum dan Administrasi Kerja Sama; dan
c. Kelompok Jabatan Fungsional.

Biro Keuangan dan Umum; mempunyai tugas melaksanakan urusan keuangan, kepegawaian, ketatausahaan, kerumahtanggaan, ketatalaksanaan, dan pengelolaan barang milik negara. Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Keuangan dan Umum menyelenggarakan fungsi: a. pelaksanaan urusan keuangan dan akuntansi; b. pelaksanaan urusan kepegawaian; c. pelaksanaan urusan ketatalaksanaan; d. pelaksanaan urusan kerumahtanggaan; e. pelaksanaan pengelolaan barang milik negara; dan f. pelaksanaan urusan ketatausahaan. Biro Keuangan dan Umum terdiri atas:
a. Bagian Keuangan;
b. Bagian Kepegawaian;
c. Bagian Umum;
d. Bagian Barang Milik Negara; dan
e. Kelompok Jabatan Fungsional.

Biro Kemahasiswaan dan Alumni; mempunyai tugas melaksanakan pembinaan kemahasiswaan dan alumni. Dalam melaksanakan tugas, Biro Kemahasiswaan dan Alumni menyelenggarakan fungsi: a. pelaksanaan layanan pembinaan minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa; dan b. pelaksanaan penyusunan data dan statistik alumni serta urusan alumni lainnya. Biro Kemahasiswaan dan Alumni terdiri atas:
a. Bagian Minat, Bakat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan;
b. Bagian Kesejahteraan Mahasiswa dan Administrasi Alumni; dan
c. Kelompok Jabatan Fungsional.

Biro Perencanaan dan Informasi; mempunyai tugas melaksanakan urusan perencanaan dan layanan data dan informasi. Dalam melaksanakan tugas, Biro Perencanaan dan Informasi menyelenggarakan fungsi: a. pelaksanaan penyusunan rencana, program, dan anggaran; b. pelaksanaan layanan data dan informasi; dan c. pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran. Biro Perencanaan dan Informasi terdiri atas:
a. Bagian Perencanaan;
b. Bagian Data dan Informasi; dan
c. Kelompok Jabatan Fungsional.