UNS — Selain berikhtiar dalam menghadapi pandemi Covid-19 melalui pengupayaan tindakan-tindakan medis dan protokol kesehatan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga berupaya mengetuk pintu langit dengan menggelar acara doa bersama, Selasa (13/7/2021). Doa bersama tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan disiarkan langsung di kanal Youtube UNS. Sejumlah dosen, tendik, Dharma Wanita Persatuan, mahasiswa, hingga alumni UNS turut hadir dalam acara tersebut. Bahkan acara doa bersama tersebut juga merangkul seluruh masyarakat lintas agama di Indonesia. Oleh karena itu, acara tersebut disebut Doa Bersama Lintas Agama sesuai dengan nafas UNS sebagai Kampus Benteng Pancasila yang menaungi 6 agama di Indonesia.

Enam tokoh agama hadir sekaligus memimpin sesi pembacaan doa dalam acara Doa Bersama Lintas Agama. Mereka di antaranya K.H. M. Dian Nafi’ mewakili agama Islam, Pendeta Anthon Karundeng, S.Th mewakili agama Kristen, Romo Anthonius Saptana Hadi mewakili agama Katholik, Pandhita Mangku Made Murti mewakili Hindhu, Hasan Sawiji mewakili agama Budha, dan Bunsu Adjie Chandra mewakili agama Khonghucu.

Melalui keterangan yang diberikan oleh Prof. Ahmad Yunus selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS bahwa acara Doa Bersama Lintas Agama diprakarsai oleh pemikiran Rektor UNS, yakni Prof. Jamal Wiwoho dan sivitas akademika UNS atas keprihatinan mereka terhadap wabah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

“Oleh karena itu, Bapak Rektor dan sivitas akademika UNS mengajak kita bersama seluruh penganut agama di Indonesia ini untuk memohonkan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir,” ujarnya sekaligus membuka acara doa bersama.

Sementara itu, Prof. Jamal menuturkan bahwa acara Doa Bersama Lintas Agama merupakan bentuk ikhtiar batiniah. Upaya tersebut mengimbangi upaya lahiriah yang selama ini telah dilaksanakan UNS selaku pelaksana kebijakan dan pemerintah.

“Kebersamaan, tolong menolong, saling menjaga, jogo tonggo, dan saling menguatkan, berikhtiar, dan bersyukur adalah nilai-nilai kemanusiaan yang diyakini bisa menjadi obat peredam keganasan Covid-19,” ujar Prof. Jamal.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa dan Perkasa akan membukakan akal dan hati umatnya agar Indonesia bisa segera bangkit dan terbebas dari wabah pandemi Covid-19, imbuhnya.

Dipandu oleh Arifuddin, Lc., M.A. selaku dosen dari Sastra Arab FIB UNS, acara doa bersama yang dipimpin oleh masing-masing perwakilan pemangku agama dilaksanakan secara berurutan. Diawali oleh K.H. M. Dian Nafi’ yang mewakili agama Islam, kemudian disusul oleh Pendeta Anthon Karundeng, S.Th mewakili agama Kristen, lalu Romo Anthonius Saptana Hadi yang mewakili agama Katholik, selanjutnya Pandhita Mangku Made Murti mewakili agama Hindhu, kemudian Hasan Sawiji mewakili agama Budha, dan diakhiri oleh Bunsu Adjie Chandra mewakili agama Khonghucu.

Acara Doa Bersama Lintas Agama dilanjutkan dengan tasyakur yang disampaikan oleh Prof. Nasaruddin Umar. Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta tersebut mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin mendekatkan diri dan meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kalau imannya kuat, penderitaan dengan kenikmatan itu seperti mata uang yang memiliki dua sisi,” kata Prof. Nasaruddin Umar.

Acara Doa Bersama Lintas Agama juga dilanjutkan dengan tausyiah yang diberikan oleh K.H. M. Dian Nafi’ dari Pesantren Al-Muayyad Surakarta. Bahkan di akhir acara tersebut, sejumlah penyintas Covid-19 membagikan pengalamannya saat terpapar virus Covid-19. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UNS Ajak Alumni Berkontribusi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

UNS --- Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) perlahan...

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....