UNS — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho bersama keluarganya menjalankan Salat Iduladha 1442 Hijriah, bertempat di garasi kediaman pribadinya di Jalan Manunggal 1 Nomor 43 Sukorejo, Kecamatan Banjarsari, Selasa (20/7/2021) pagi.

Hal itu sesuai dengan ajakan Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin yang pada Minggu (18/7/2021) kemarin, mengimbau kepada umat Islam di seluruh Indonesia agar melaksanakan Salat Iduladha 1442 Hijriah di rumah dengan keluarga masing-masing dan tanpa berjemaah di masjid maupun di lapangan.

Pada peringatan Iduladha 1442 Hijriah, salat diikuti oleh tujuh orang yang terdiri dari istri, anak, dan saudara. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Jamal memimpin langsung jalannya salat, sekaligus juga menjadi khotib.

Dalam khotbahnya, Prof. Jamal mengatakan, Iduladha tahun ini seyogyanya dirayakan dengan penuh keprihatinan. Alasannya, saat ini angka penularan SARS-CoV-2 di Indonesia sedang melonjak, ditambah dengan kebijakan PPKM yang diambil pemerintah guna menekan pertambahan jumlah pasien Covid-19.

Patuhi Imbauan Pemerintah, Rektor UNS beserta Keluarga Salat Iduladha #dirumahaja

“Iduladha kali ini tidak ada luapan kegembiraan karena semua sedang berupaya dengan segenap kemampuaannya untuk menghindari dari penularan pandemi Covid-19 yang mengganas, terutama dengan adanya varian Delta,” ujar Prof. Jamal.

Ia menyampaikan, tugas dan tanggung jawab penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga seluruh lapisan masyarakat Indonesia

“Umat Islam harus menjadi tulang punggung dan garda terdepan untuk menyelamatkan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, mari kita viralkan ajakan kita untuk ‘jogo tonggo’,” sambung Prof. Jamal.

Selain itu, Prof. Jamal turut meminta masyarakat Indonesia agar menerima pandemi Covid-19 ini sebagai musibah dengan rasa kewajaran, kesabaran, serta mematuhi ajakan pemerintah untuk disiplin menerapkan 5M.

Prof. Jamal dalam khotbahnya juga mengutarakan apabila peringatan Idulfitri harus dimanfaatkan oleh umat Islam untuk meneladani keikhlasan dan keimanan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail AS dalam mengikuti perintah Allah SWT.

Dengan demikian, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menghadapi kehidupan ini dengan memperbaiki ibadah, memperbanyak istigfar seraya mohon ampun kepada Allah SWT, memperbanyak doa istigasah, qunut nazilah, khususnya doa da’ful balaq.

“Serta juga memperbaiki hubungan kita dengan keluarga dan interaksi dengan masyarakat sekitar, memperbanyak bersedekah karena sedekah merupakan wujud kepedulian kita terhadap saudara kita yang membutuhkan, khususnya yang terdampak Covid-19, dan berbagai pendekatan kepada Allah SWT agar segera dihentikan wabah covid-19, sehingga kita semua hidup normal kembali,” tuturnya.

Patuhi Imbauan Pemerintah, Rektor UNS beserta Keluarga Salat Iduladha #dirumahaja

Usai menjalankan Salat Iduladha 1442 Hijriah, Prof. Jamal bersama keluarga melakukan penyembelihan sapi sebagai hewan kurban bertempat di belakang rumanhya.

Ia mengatakan, penyembelihan hewan kurban sudah menjadi kegiatan rutin di setiap tahunnya. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Tags :

Rektor UNS Resmikan Orchidarium di FMIPA

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho meresmikan rumah...

FK UNS Adakan Service Excellence Training bagi Para Tenaga Kependidikan

UNS --- Demi peningkatan mutu pelayanan, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengin Lanjut S-2 di Inggris? Coba Daftar Beasiswa Chevening!

UNS --- Setelah merampungkan studi sarjana, ada banyak pilihan yang dapat dilakukan oleh seorang...

Tim PKM-RE UNS Hadirkan Inovasi Baru Edible Film Strip Candy dari Esktrak Bunga Turi

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim Program...

FKIP UNS Terima Kunjungan FKIP Uncen dalam Upaya Peningkatan Mutu Fakultas

UNS — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Prodi Pengelolaan Hutan UNS Terjunkan Mahasiswa MBKM Studi Independen dalam Mengembangkan KHDTK Gunung Bromo Berbasis Agro-Etno Park

UNS --- Sebanyak 20 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pengelolaan Hutan Fakultas Pertanian (FP)...

MWA UNS Gelar Sosialisasi Penjaringan, Penyaringan dan Pemilihan Rektor Masa Bakti 2023-2028

UNS --- Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan sosialisasi...

UPT KLI UNS Gelar Wicara Kupas Tuntas Studi di Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan Internasional (KLI)  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dokter RS UNS Sampaikan Pentingnya Menjaga Kesehatan Paru

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Solopos FM...

Mahasiswa UNS Olah Logam Tanah Jarang Zirkon menjadi Baterai Lithium-Ion

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengolah logam tanah jarang (LTJ)...