UNS — Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak henti-hentinya berjibaku dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat selama pandemi Covid-19.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang diberikan, seperti memberikan masker kepada kelompok masyarakat kurang mampu, menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, hingga menyiapkan dua unit ambulan gratis untuk mengangkut jenazah.

Ketua IKA UNS Peduli Pandemi Ir. Heri Sosiawan, M.M dalam keterangan resminya mengatakan, kontribusi yang diberikan lulusan-lulusan UNS dari berbagai latar belakang menyasar sisi hulu sampai hilir.

Artinya, mulai dari kegiatan mengedukasi masyarakat soal bahaya penularan SARS-CoV-2 hingga menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, terus dilakukan IKA UNS.

“Kami tergerak membuat ‘IKA UNS Peduli Pandemi Covid-19’, Di hulu, IKA UNS memberikan sosialisasi pemahaman dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan 6M. Dan, mengedukasi masyarakat soal pentingnya testing, tracing, dan treatment atau 3T,” ujar Ir. Heri Sosiawan, M.M.

Ia menambahkan, sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat diwujudkan dalam bentuk spanduk, banner, brosur, dan publikasi lainnya yang dipasang di sejumlah tempat di beberapa wilayah di Kota Surakarta.

“Serta bantuan pendampingan kepada aparat kelurahan di Kota Solo melakukan sosialisasi tentang Covid-19 kepada masyarakat. Tak lupa, kami juga membagikan masker untuk masyarakat kurang mampu, pedagang kaki lima, pengendara ojek online, dan lainnya,” tambah Ir. Heri Sosiawan, M.M.

Sedangkan di sisi hilir, Ir. Heri Sosiawan, M.M yang juga Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKA UNS menerangkan, IKA UNS memberikan bantuan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Bantuan yang diberikan diwujudkan dalam 200 paket makan siang selama 60 hari. Dalam hal ini, paket makan siang yang diberikan, disalurkan melalui beberapa kelurahan.

Selain itu, IKA UNS selama pandemi Covid-19 juga menyediakan dua unit ambulan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengangkut jenazah. Ambulan yang disediakan dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis.

“Sopir dan bensin sudah disiapkan oleh IKA UNS. Jadi, warga bisa memakai kedua unit ambulan ini dengan gratis,“ tambah Ir. Heri Sosiawan, M.M.

Tidak berhenti sampai di situ, IKA UNS juga membantu pemulasaran jenazah pasien Covid-19. Tak tanggung-tanggung, IKA UNS menerjunkan 12 personil yang sudah dilengkapi alat pelindung diri (APD), sepatu boots, sarung tangan, masker, dan vitamin.

Sebanyak 12 personil yang diterjunkan, siap untuk membantu pemakaman jenazah pasien Covid-19, mulai dari menggali liang lahat, mengantar ke area pemakaman, hingga memakamkan.

“Selain itu, IKA UNS juga menyediakan bantuan peti mati bagi warga kurang mampu,” imbuh Ir. Heri Sosiawan, M.M.

Kontribusi berbagai pihak

Ir. Heri Sosiawan, M.M secara khusus mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu IKA UNS selama memberikan bantuan kepada mayarakat.

Ucapan terima kasih ia layangkan kepada UNS, Rumah Sakit (RS) UNS, lintas alumni UNS di Kota Surakarta, para relawan kesehatan, Pemerintah Kota Surakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Surakarta, dan Satgas Covid-19 Kota Surakarta.

“Semua ini berkat bantuan dana gotong royong alumni UNS dan masyarakat umum. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dengan bantuan semua pihak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, apabila masih ada alumni UNS yang ingin berkontribusi dan bergotong royong bersama IKA UNS untuk membantu masyarakat, mereka dapat mengirimkan donasi melalui Rekening IKA UNS di Bank Mandiri nomor 116-00-0909066-3.

Selain itu, untuk memperoleh informasi lebih lanjut, IKA UNS juga menyediakan pusat layanan di nomor 0813 7777 0144 atau mendatangi kantor sekretariat di Griya Segaran, JL KS Tubun 31, Manahan, Surakarta.

Go Live IKA UNS Peduli Covid-19

IKA UNS secara resmi akan memaparkan dan melaporkan hasil bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat selama pandemi Covid-19, Jumat (23/7/2021) pukul 19.30 WIB, dalam acara Go Live IKA UNS Peduli Covid-19.

Acara akan disiarkan melalui siaran langsung Youtube UNS dan digelar melalui Zoom Cloud Meeting.

Rencananya, Go Live IKA UNS Peduli Covid-19 akan dihadiri sejumlah tamu undangan, yaitu Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho, Ketua IKA UNS Ir. Budi Harto, Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK RI Prof. Wimboh Santoso, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono.

Selain itu, akan hadir pula Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. Heru Tjahyono, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKA UNS Ir. Heri Sosiawan, M.M, dan Presiden Direktur Solopos Group Ir. Arif Budiyanto. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...