UNS — Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar seminar nasional dengan tema Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif (Ekraf). Penyelenggaraan seminar ini juga dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-46 UNS. Adapun pelaksanaan kegiatan seminar nasional diadakan secara daring pada Kamis (19/5/2022).

Kegiatan seminar nasional dibuka oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan bahwa sektor pertanian dan Ekraf menunjukkan kemampuannya sebagai motor percepatan pemulihan ekonomi ditengah kondisi pandemi Covid-19. Menurutnya hal ini dapat diwujudkan melalui inovasi dan kreativitas untuk mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif Indonesia yang sangat kaya akan ragam budaya, olahan hasil pertanian, maupun keindahan alam pedesaaan yang sangat menarik di sektor pariwisata.

“Untuk terus menumbuhkembangkan kedua sektor tersebut, pemerintah telah membuat kebijakan untuk pembangunan sektor pertanian yang maju, mandiri, dan modern serta kebijakan pariwisata dan Ekraf yang maju, berdaya saing, berkelanjutan, dan mengedepankan kearifan lokal. Mendukung hal ini, UNS sebagai lembaga perguruan tinggi juga turut andil dalam menciptakan inovasi dan teknologi serta mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil, inovatif, dan kreatif,” terang Prof. Jamal.

FP UNS Gelar Seminar Nasional Bahas Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekraf

Prof. Jamal menambahkan bahwa seminar nasional ini merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai forum untuk menampung aspirasi didalam perumusan kebijakan khususnya sektor pertanian dan ekonomi kreatif yang maju, mandiri, modern, berdaya saing, dan berkelanjutan. Tentu hal ini tidak terlepas dari sinergitas bersama antara pemerintah, perguruan tinggi, industri/praktisi dan masyarakat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Dies Natalis di FP UNS, Dr. Muji Rahayu, S.P., M.P. Dr. Muji mengungkapkan bahwasanya acara seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di FP UNS untuk menyambut Dies Natalis ke-46 UNS.

“Selain acara seminar nasional, serangkaian acara yang dilakukan pada hari Kamis, 19 Mei 2022 antara lain peluncuran Mars FP UNS, Launching Buku Pemikiran Guru Besar UNS, Pra Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI), Lokakarya Nasional dan Kongres II Perhimpunan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (PAGI),” jelas Dr. Muji.

FP UNS Gelar Seminar Nasional Bahas Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekraf

Dr. Muji melanjutkan bahwa kegiatan seminar nasional ini dihadiri oleh ratusan peserta dengan 131 peserta yang bertindak sebagai pemakalah, 103 peserta FKPTPI, 75 peserta PAGI, dan 195 peserta semnas.

Sementara itu, Dekan FP UNS, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M,Si., IPM, ASEAN Eng., mengatakan bahwa acara seminar nasional ini memiliki tujuan antara lain menjadi sarana diseminasi hasil riset dan kegiatan pengabdian masyarakat bagi dosen dan para peneliti dibidang pertanian, menjadi wadah bagi akademisi dan ilmuwan dalam mengembangkan jejaring kemitraan dan riset, serta menjadi wadah komunikasi anggota forum komunikasi perguruan tinggi pertanian Indonesia.

FP UNS Gelar Seminar Nasional Bahas Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekraf

Kegiatan seminar nasional ini dibagi menjadi 2 sesi acara. Sesi pertama yakni acara seminar nasional yang menghadirkan 2 keynote speaker yaitu Menteri Pertanian Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., dan 4 Narasumber yaitu Kepala Perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo; Direktur Produksi PT Bisi Internasional Tbk, Ir. Triono Hardyanto; Pemilik Mahaloka Paradise Nanggunalan dan Mahacreative, Atma Mahatma; dan Akademisi Fakultas Pertanian UNS, Prof. Eddy Triharyanto.

Sesi kedua seminar nasional dilanjutkan dengan sesi presentasi dari para pemakalah yang terbagi ke dalam 11 sub tema, antara lain sumber daya lahan dan air, sumber daya manusia dan kelembagaan, sumber daya peternakan, sosial ekonomi pertanian, keamanan dan ketahanan pangan, teknologi produksi tanaman dan pasca panen, pengelolaan organisme pengganggu tanaman, sumber daya hutan dan agro-ecotourism, bioteknologi pertanian, program kemitraan masyarakat dan Corporate Social Responsibility (CSR), serta ekonomi kreatif dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang pertanian. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...