Deskripsi

Program studi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil merupakan satu-satunya program studi yang ada di Indonesia. Program studi ini menekankan 60% praktek dan 40% teori. Mahasiswa program studi ini akan belajar mengenai demografi dan pencatatan sipil, hukum, serta mata kuliah umum seperti Bahasa Indoensia, Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan pada awal semester. Selain itu mahasiswa D-4 Program Studi Demografi dan Pencatatan Sipil UNS juga diajar langusng oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.  Untuk angkatan pertama mahasiswa yang di terima sebanyak 141 mahasiswa dari 700 pendaftar.

Visi

Menjadikan program D-4 Studi Demografi dan Pencatatan Sipil sebagai penyelenggaraan pendidikan terapan di bidang pencatatan sipil guna memenuhi kebutuhan aparatur yang professional dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi terapan program D-4 Studi Demograsi dan Pencatatapan Sipil yang menghasilkan lulusan sebagai sarjana sains hukum terapan pencatatan sipil yang professional dan berdedikasi, bermartabat, dan mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional.
  2. Menyelenggarakan sistem pengelolaan organisasi lembaga pendidikan tinggi terapan program D-4 Studi Demograsi dan Pencatatapan Sipil berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila dan asas-asas umum pemerintahan yang baik.
  3. Mengembangkan sikap profesionalisme yang berdedikasi tinggi dalam rangka meningkatkan kuliatas sumber daya manusia yang mampu memberikan pelayanan prima pencatatan sipil kepada masyarkat melalui pengkajian dan penelitian mendalam berkaitan dengan masalah pencatatan sipil sera permasalahan kehidupan masyarakat pada umumnya.
  4. Membangun budaya kepedulian sosial melalui pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam upaya menciptakan kesejahteraan sosial.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Bekerja di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ klik disini ]

Kontak

Ketua Program Studi: Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H., M.H.