Deskripsi

Melihat banyaknya peluang untuk menjadi tenaga profesional di bidang pariwisata, pendirian Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata sejak tahun 1999 oleh FIB UNS adalah langkah tepat dan menjadi alternatif bagi calon mahasiswa untuk prospek karir di masa depan. Pendidikan Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata yang diselenggarakan oleh FIB UNS adalah pendidikan kepariwisataan yang memadukan antara teori dan praktek serta didukung oleh kerja sama dengan biro perjalanan anggota ASITA, Angkasa Pura, hotel, restoran, perusahaan moda transportasi, event organizer, dan lain sebagainya. Tenaga pengajar dan lulusannya mampu menyusun dan mengaplikasikan ilmunya guna menghasilkan produk-produk industri yang bermanfaat.

Visi

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional di bidang pariwisata dan mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mampu mendorong kemandirian dosen dan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan di bidang pariwisata.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penciptaan atraksi-atraksi wisata baru.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi sehingga memiliki kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang pariwisata.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merumuskan gagasan secara sistematis berdasarkan pada kemampuan riset yang inovatif dan menerapkannya dengan tingkat kemampuan teknis yang berstandar industri.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian, terutama dalam industri lokal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lapangan kerja lulusan Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata cukup luas dan terdapat di berbagai bidang dan instansi, seperti biro perjalanan wisata, agen perjalanan dan kepemanduan (tour planner, tour guide, tour leader, ticketing, dan bidang penerbangan), MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) perusahaan, penyelenggara acara atau event organizer, perhotelan atau hotelier (front office, jasa boga, restoran), instansi pemerintah Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata, tour consultant, pengelola objek wisata, peneliti, akademisi transfer S1.

Kurikulum

Akses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ruang Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata Gedung 1 Lantai 1 Fakultas Ilmu Budaya
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 646994 pesawat 311/ (0217) 634521
Surel: fahana2008@gmail.com
Website: d3-upw.fib.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Umi Yuliati, S.S., M.Hum.