Deskripsi

Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret didirikan pada tanggal 11 Maret 1976. Salah satu tujuan pendirian Prodi Ilmu Sejarah adalah mengembangkan pendidikan ilmu-ilmu humaniora, dengan dasar pemikiran bahwa sejarah adalah salah satu bagian yang penting untuk dipelajari. Orientasi akademik Prodi Ilmu Sejarah diarahkan untuk mengembangkan pendidikan dan riset di bidang sejarah. Proses pendidikan dikemas dengan prinsip-prinsip profesionalisme sehingga diharapkan dapat melahirkan sejarawan yang handal dan profesional. Materi pendidikan difokuskan pada kajian sejarah Indonesia serta studi sejarah kewilayahan, seperti sejarah barat, sejarah Eropa, sejarah Asia Tenggara, dan sejarah Asia Afrika.

Visi

Menjadi program studi yang maju, unggul, dan terpercaya di tingkat nasional maupun internasional dalam ilmu sejarah yang bertumpu pada budaya nasional, terutama nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang mampu mendorong kemandirian yang memadai serta profesional di bidang kajian sejarah kebudayaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sejarah kebudayaan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Allah Yang Maha Esa, berbudaya, dan mempunyai kemampuan akademik dan profesional yang memadai di bidang spesifikasi sejarah kebudayaan.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian yang bertumpu, dan sekaligus berdampak pada pengembangan pengetahuan yang berwawasan kebudayaan, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat luas.
  3. Menjadi pusat kajian sejarah kebudayaan dan konsultan dalam bidang pembuatan atau perumusan kebijakan pembangunan.

Akreditasi

Akses melalui link <a href=”https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html”>https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html</a>

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lapangan kerja lulusan Program Studi S1 Ilmu Sejarah cukup luas dan terdapat di berbagai bidang dan instansi, seperti peneliti, arsiparis, guru, dosen, pustakawan, TNI, Polri, konsultan sejarah, wartawan, staf departemen, staf kementerian, pegawai negeri sipil, dan perbankan.

Kurikulum

Program Studi S1 Sastra Indonesia memiliki beberapa bidang peminatan, yaitu linguistik, sastra, dan filologi. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ruang Prodi Ilmu Sejarah Gedung 3 Lantai1 Fakultas Ilmu Budaya
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 632485/ (0271) 634521

Surel: ilmusejarah.uns@gmail.com
Website: sejarah.fib.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum.