Deskripsi

Program Studi Sastra Arab dirintis sejak tahun 2009. Pendirian prodi ini dimaksudkan untuk merespon kebutuhan masyarakat di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya Arab, serta bertujuan mencetak lulusan profesional di bidang linguistik, sastra, dan budaya Timur Tengah. Di masa yang akan datang, prodi ini diharapkan mampu menjalin hubungan ke dalam dan luar negeri, khususnya dengan pemerintah di wilayah Timur Tengah dalam konteks kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan kemanusiaan.

Visi

Menjadi pusat studi bahasa, sastra, dan budaya Arab yang unggul pada taraf nasional dan internasional berlandaskan pada profesionalisme, mutu, dan daya saing yang tinggi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bertumpu pada suasana akademik yang sehat, dinamis, dan terpadu antara kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler dengan memanfaatkan sarana informasi dan teknologi serta sumber-sumber informasi yang memadai sesuai dengan kebutuhan zaman.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan wawasan, kemampuan, dan keahlian bahasa, sastra, dan budaya Arab.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat berbasis pada pengetahuan dan kebudayaan Arab.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam menggunakan bahasa Arab untuk berbagai kepentingan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu humaniora, seperti bahasa, agama, seni, filsafat, budaya, dan kepentingan-kepentingan praktis dalam komunikasi.
  2. Mendorong terciptanya suasana akademik dan semangat belajar bagi pengajar dan peserta didik dalam mempelajari ilmu-ilmu kebahasaan, kesusasteraan, dan kebudayaan Arab.
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional bermoral, dan menguasai berbagai teori dasar keilmuan, serta mampu mengembangkan ilmu-ilmu Arab secara teori dan praktek melalui penelitian dan penalaran melalui forum ilmiah dan lapangan.
  4. Menciptakan lembaga yang dapat dipercaya oleh masyarakat sebagai pusat pembelajaran, penelitian, dan pengabdian bagi masyarakat yang mampu menjembatani hubungan antara kepentingan pendidikan di Indonesia dan negara-negara Timur Tengah.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lapangan kerja lulusan Program Studi S1 Sastra Arab cukup luas dan terdapat di berbagai bidang dan instansi, seperti peneliti, budayawan, sastrawan, linguis Arab, staf Kementerian Luar Negeri, staf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, staf Kementerian Agama, staf Kedutaan Asing (KBRI) di Timur Tengah, tutor bahasa Arab, penerjemah, pemandu ibadah haji dan umroh, pemandu perjalanan wisata di Timur Tengah, dan staf tenaga ahli praktis, reporter, penerbit, dan perbankan syariah.

Kurikulum

Program Studi S1 Sastra Arab memiliki beberapa bidang peminatan, yaitu linguistik, sastra, dan kajian Timur Tengah. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ruang Prodi Sastra Arab Gedung 3 Lantai 1 Fakultas Ilmu Budaya
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 646994 pesawat 311/ (0271) 634521
Surel: fib@mail.uns.ac.id
Website: arab.fib.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Muhammad Farkhan Mujahidin, S.Ag., M.Ag.