Deskripsi

Sastra Daerah menjadi syarat utama berdirinya Universitas Sebelas Maret, Sastra Daerah (khusus bahasa Jawa) dijadikan landasan terpenting guna menjaga keutuhan budaya Indonesia. Meskipun kemodernisasian berkembang pesat, sastra tetap dijadikan sebagai pintu utama suatu peradaban. Dalam Prodi Sastra Daerah terdapat tiga bidang yang menjadi unggulan, yaitu sastra, linguistik, dan filologi. Ketiga unggulan tersebut dapat dipakai sebagai ikhtiar untuk mendalami serta memahami peradaban Indonesia. Kerja sama yang terjalin dengan Prodi Sastra Daerah Universitas Sebelas Maret adalah Universitas Leiden Belanda, berbagai museum di Kota Surakarta, seperti Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, dan Museum Radya Pustaka. Terjalinnya kerja sama dilakukan guna melakukan digitalisasi terhadap naskah kuno.

Visi

Mewujudkan program studi yang berkualitas dan unggul serta mampu bersaing dalam keahlian bidang filologi, linguistik, sastra, dan budaya berbasis nilai-nilai luhur budaya Jawa.

Misi

  1. Menyelesaikan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap, secara terpadu antara kegiatan-kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, dengan memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir, serta tetap memperhatikan perkembangan budaya masyarakat.
  2. Melakukan penelitian yang berorientasi pada pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan ilmu filologi, linguistik, sastra, dan budaya Jawa.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pembinaan dan pemberdayaan budaya Jawa dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Sastra Daerah (Jawa) yang bertakwa kepada Tuhan, berbudi luhur, mumpuni, mandiri dan profesional dalam bidang ilmu filologi, linguistik, sastra, dan budaya Jawa; serta berkemampuan untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam kehidupan sehari-hari dan dunia akademik dengan menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar.
  2. Meningkatkan proses belajar-mengajar secara efektif, efisien, dan terpadu dengan memanfaatkan teknologi dan informasi mutakhir serta untuk menghidupkan atmosfer akademik, kemandirian untuk selalu belajar, dan membentuk kecerdasan intelektual.
  3. Memotivasi dan selalu melakukan penelitian terhadap nilai-nilai luhur, kearifan lokal yang merupakan kristalisasi nilai budaya Jawa yang tersirat dalam filologi, linguistik, sastra, dan budaya Jawa.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan berorientasi pada pelestarian, pembinaan, dan pengembangan budaya Jawa dengan memberdayakan berbagai kekayaan budaya Jawa dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan demikian tercipta masyarakat yang berkualitas, setia dan bertanggung jawab terhadap kehidupan tradisi, serta berjati diri bangsa sendiri. Menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional, khususnya nilai-nilai luhur budaya Jawa sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan, baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Mengembangkan pranata kehidupan yang lebih beradab menuju terciptanya masyarakat yang makin cerdas, terampil, mandiri, demokratis, damai, dan religius.
  6. Mendukung terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat, bersatu, adil makmur.
  7. Menjadikan Program Studi Sastra Daerah FIB UNS sebagai program studi yang unggul dalam bidang humaniora (filologi, linguistik, sastra, dan budaya Jawa) di kawasan Asia Pasifik pada tahun 2020.

Akreditasi

Akses melalui link <a href=”https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html”>https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html</a>

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lapangan kerja lulusan Program Studi S1 Sastra Daerah cukup luas dan terdapat di berbagai bidang, seperti peneliti sastra dan budaya, pengalih aksara dan penyunting teks naskah Jawa, penerjemah, jurnalis Jawa, pembawa acara, wirausahawan berbasis budaya Jawa, penulis karya kreatif, filolog, dosen, praktisi kebudayaan Jawa, dan sastrawan Jawa.

Kurikulum

Program Studi S1 Sastra Daerah memiliki beberapa bidang peminatan, yaitu sastra, linguistik, dan filologi. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ruang Prodi Sastra Daerah Gedung 3 Lantai 1 Fakultas Ilmu Budaya
Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 632485/ (0271) 634521
Surel: fib@mail.uns.ac.id
Website: sasda.fib.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Dr. Supana, M.Hum.