Deskripsi

Program Studi Komunikasi Terapan FISIP UNS merupakan salah satu Program Studi di Universitas Sebelas Maret yang menyiapkan para lulusannya untuk menjadi insan yang memiliki kompetensi kerja di industri media. Komunikasi Terapan UNS menyiapkan mahasiswanya untuk memiliki kompetensi yang baik dalam Industri Kreatif seperti di sektor film, fotografi, televisi, radio dan periklanan.

Visi

Menciptakan insan yang cerdas, terampil, dan ahli dalam bidang teknologi komunikasi terapan, yang didasari oleh nilai-nilai moral, etik dan budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menciptakan lulusan yang memiliki wawasan dan kompetensi di bidang teknologi komunikasi terapan.
  2. Menyelenggarakan pengkajian bidang teknologi komunikasi terapan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan industri komunikasi dan masyarakat umum.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan wawasan kemandirian dan daya saing masyarakat di bidang teknologi komunikasi terapan.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia baik tenaga akademik maupun non akademik yang profesional (handal, beretika, dan sejahtera) dengan memanfaatkan TI dalam rangka peningkatan mutu pelayanan.
  5. Menerapkan sistem manajemen profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas dalam rangka menciptakan tata kerja yang baik, kinerja tinggi, efisiensi dan efektivitas organisasi.
  6. Menciptakan iklim kerja yang kondusif ditandai oleh berkembangnya semangat kerja sama, saling percaya (mutual-trust), dan terbentuknya nilai-nilai bersama (shared value) diantara civitas akademika

Tujuan

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Kurikulum pembelajaran di Program Studi Komunikasi dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai: peneliti komunikasi, jurnalis, public relations officers, perencana periklanan, broadcaster, dan konsultan komunikasi.

Kompetensi Program Studi

  1. Mengaplikasikan teori dan konsep-konsep komunikasi terapan pada praktek kerja.
  2. Mengoperasikan alat-alat kerja di bidang keahliannya untuk menghasilkan karya/portofolio yang sesuai dengan standar industri.
  3. Mengadaptasi dan merespon perkembangan yang terjadi di masyarakat berkaitan dengan komunikasi terapan.
  4. Kerjasama tim, human relations dan penguasaan bahasa asing.
  5. Daya kreativitas dan inovatif dalam menyelesaikan tugas kerja dan atau dalam menciptakan lapangan kerja di bidang komunikasi terapan.

Peminatan Penyiaran

  1. Menguasai konsep dan implementasi dari Perancangan, Koordinasi, Produksi dan Evaluasi Program Siaran Radio Televisi.
  2. Menguasai teori dan konsep penyutradaraan program Radio dan Televisi
  3. Menguasai bahasa dan gramatikal bahasa Produksi Radio Televisi.
  4. Menguasai dasar-dasar teori dan praktik jurnalistik Radio Televisi.
  5. Menguasai minimal salah satu bahasa internasional.

Peminatan Periklanan

  1. Menguasai konsep dan aplikasi tentang manajemen periklanan secara praktis.
  2. Menguasai konsep dan teknik penulisan naskah iklan dan desain grafis.
  3. Menguasai isu perkembangan teknologi dan media dan kaitannya dengan periklanan.
  4. Menguasai konsep dan metode riset periklanan
  5. Menguasai teori, konsep dan produksi iklan cetak, audio visual dan media sosial.
  6. Menguasai minimal salah satu bahasa internasional.

Peminatan Humas

  1. Menguasai konsep komunikasi massa, komunikasi publik dan relationship pencitraan, persuasi.
  2. Menguasai pengetahuan kontekstual tentang posisi fungsi dan praktik humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah swasta atau lembaga swadaya masyarakat.
  3. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi menggunakan teknologi terbaru dan terkini.
  4. Menguasai prinsip media relation dan perkembangan teknologi terbaru.
  5. Menguasai etika hubungan masyarakat dan nilai nilai kemanusiaan.
  6. Menguasai minimal salah satu bahasa internasional.

Lapangan Kerja

Alumni Program DIII Komunikasi Terapan FISIP UNS tersebar di berbagai instansi seperti: Metro TV, Trans7, Global TV, RCTI, AN TV,Borobudur TV, Antara TV, Prambors FM, NET Mediatama Indonesia, LPP RRI,Terang Abadi Televisi, Solopos, Dreamlight World Media, Alfamart TV,Garuda Indonesia, Perum Angkasa Pura,Telkom, BRI, Mata Advertising, dlsb.

Kurikulum

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 648379/(0271) 635103

Surel: fisip@uns.ac.id
Website: d3komter.fisip.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Mahfud Anshori, S.Sos., M.Si.