Deskripsi

Prodi Hubungan Internasional (HI) memberikan bekal bagi para mahasiswa agar mempunyai kompentensi yang cukup untuk terjun dalam kancah internasional, di samping memberi pencerahan dan pencerdasan kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dalam upaya memperkokoh daya saing bangsa (the nation competitiveness) dan meningkatkan rasa percaya diri sebagai bangsa besar.
Selain hal itu, Prodi Hubungan Internasional FISIP Universitas Sebelas Maret juga memberikan keterampilan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki (soft-skill), terutama keterampilan bernegosiasi, berdiplomasi, bekerja sama internasional, melakukan perdagangan, mengatasi perubahan iklim, konflik dan kekerasan, terorisme, perdagangan manusia, kemiskinan global, tenaga kerja Indonesia, dan sebagainya.

Visi

Menyiapkan mahasiswa hubungan internasional yang cerdas, berbudi luhur, profesional, independen, dan berkeompetensi tinggi di dunia.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan sarjana ilmu hubungan internasional yang cerdas dan profesional (smart and professional)
  2. Memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, kemampuan serta profesionalisme dalam menghadapi persaingan di pasar global.
  3. Melakukan kajian dan penelitian di bidang ilmu hubungan internasional untuk pengembangan disiplin ilmu hubungan internasional yang bermanfaat dan bermartabat
  4. Memfasilitasi mahasiswa ilmu hubungan internasional untuk berkembang secara aktif, kreatif, inovatif, responsif dan produktif.
  5. Melakukan pengabdian pada masyarakat melalui berbagai aplikasi ilmu hubungan internasional dan diplomasi untuk membantu menciptakan nilai tambah dalam kehidupan mayarakat.

Tujuan

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Program Studi S-1 Hubungan Internasional FISIP Universitas Sebelas Maret dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga kerja yang cerdas dan profesional yang tidak hanya memiliki kompetensi di bidang hubungan internasional, akan tetapi juga memiliki integritas pribadi yang kuat, kemampuan soft-skill yang handal, dan kemauan berpartisipasi dalam meningkatkan kecerdasan dan kemandirian masyarakat. Proses belajar dan mengajar di program studi ini difokuskan pada dua macam kompetensi, yaitu (1) hubungan dan kerjasama internasional dan (2) diplomasi publik dan mediasi.

Kurikulum

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 648379

Surel: international.relations.uns@gmail.com
Website: hi.fisip.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA