Deskripsi

Sarjana Sosiologi dipersyaratkan telah memiliki 146 SKS (Sistem Kredit Semester) yang terdiri dari 140 SKS dalam bentuk mata kuliah wajib dan 6 SKS dalam bentuk mata kuliah pilihan. Perkuliahan diberikan dalam bentuk tatap muka di kelas, praktek laboratorium yang terkait dengan mata kuliah, dan praktek lapangan dengan sebutan Kuliah Magang Mahasiswa Sosiologi (KMMS).

Visi

Menjadi pusat pengembangan sosiologi yang memiliki keunggulan global, berdasar pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan kompetensi, dengan mempertimbangkan prinsip demokratis, transparansi dan akuntabilitas.
  2. Memberikan pendidikan yang komprehensif menyangkut penguasaan teori maupun metodologi sosiologi.
  3. Memberikan bekal teoritik beragam rekayasa sosial dan praktek lapangan dalam pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan penelitian yang mendukung proses belajar mengajar dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya nasional.
  5. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berdasar pada penguasaan keilmuan dan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat berdasar nilai-nilai luhur budaya nasional.

Tujuan

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Kompetensi Utama: mampu mengenal, mengerti, memahami, mengaplikasi teori dan metode penelitian sosiologi sehingga diharapkan mampu bersaing di pasar kerja, baik sebagai akademisi, peneliti, pendidik, pekerja sosial kemasyarakatan (LSM) maupun pegawai instansi negeri dan swasta.

Kompetensi pendukung: mampu melakukan analisis masalah-masalah sosial dan mampu memberikan solusi yang aplikatif dalam perspektif sosiologi.

Kompetensi pendukung: menguasai bahasa Inggris, kewirausahaan dan software SPSS sebagai pendukung dalam melakukan analisis di bidang sosiologi.

Kurikulum

Informasi selengkapnya dapat diakses melalui UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta, Kode Pos: 57126
Telepon/Faks: (0271) 648939

Surel: fisip@uns.ac.id
Website: sosiologi.fisip.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Dr. Ahmad Zuber, S.Sos., DEA