Deskripsi

Prodi Fisika berdiri bersama-sama dengan berdirinya Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada tahun 1996. Rintisan FMIPA dimulai sejak tahun 1982 dengan didukung oleh staf dosen berlatar pendidikan MIPA yang ditempatkan di Fakultas Teknik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, dan Pertanian. Cikal bakal FMIPA adalah Program Studi Matematika, yang saat itu bernaung di bawah Fakultas Teknik, yang didirikan berdasarkan SK DIRJEN DIKTI, tertanggal 26 Januari 1989, Nomor : 206/D2/1989. FMIPA UNS didirikan berdasarkan Surat Keputusan disusul SK Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996, No. 0297/O/1996, terdiri atas Jurusan Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Semua program studi di FMIPA menyelenggarakan program Sarjana Strata-1. Pada tanggal 2 Mei 1997 Rektor UNS mengalih tugaskan 62 dosen berlatar belakang ilmu-ilmu MIPA dan 20 tenaga administrasi dari berbagai fakultas dilingkungan UNS ke FMIPA.

Visi

Menjadi Program Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan penelitian bidang fisika, bereputasi internasional dan berlandaskan kearifan lokal.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran fisika dengan standar internasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian bidang fisika dengan standar internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasiskan hasil pembelajaran dan penelitian bidang fisika.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana fisika yang mampu berkompetesi secara internasional.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas internasional untuk kepentingan nasional.
  3. Mendesiminasikan hasil pendidikan, pengajaran dan penelitian pada masyrakat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera

Akreditasi

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak