Deskripsi

Jurusan Kimia berdiri bersama-sama dengan berdirinya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada tahun 1996 berdasarkan Surat Keputusan disusul SK Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996, No. 0297/O/ 1996. Jurusan Kimia FMIPA UNS melalui Program Studi Kimia turut memikul tanggung jawab dalam pembudayaan ilmu Kimia di Indonesia serta mengemban fungsi dan tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan keahlian khusus di bidang Kimia yang diharapkan mampu berperan aktif dalam berbagai bidang kegiatan.

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam riset dan mampu berkontribusi dalam pengembangan pengajaran kimia dan kesejahterahan manusia sampai dengan tingkat internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana kimia menuju kualitas internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu kimia yang berkualitas dan dipublikasikan secara nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan program penerapan ilmu kimia dan hasil-hasil penelitian ilmu kimia kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Kimia yang memiliki kemampuan akademis profesional sampai bertaraf internasional.
  2. Menghasilkan produk penelitian di bidang kimia yang bersifat internasional.
  3. Menerapkan ilmu kimia dan hasil-hasil kimia dalam masyarakat.

Akreditasi

Akses melalui link <a href=”https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html”>https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html</a>

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Program Studi Kimia FMIPA UNS telah meluluskan sarjana kimia yang tangguh dan mampu bersaing untuk merebut kesempatan bekerja sebagai peneliti, pendidik, pegawai, PERTAMINA, BRI, LIPI, BPMIGAS, DOSEN, SWASTA, dan lain-lain. Informasi pekerjaan disampaikan oleh kerjasama Ikatan Alumni Kimia (IKAMIA)FMIPA UNS dan Tim CDC MIPA UNS.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon: (0271) 663375, 7994097
Surel: kimiauns@gmail.com
Website: kimia.mipa.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Dr. Triana Kusumaningsih, M.Si.