Bidang industri pangan baik quality control (QC) maupun teknologi proses pangan pertumbuhannya dari waktu ke waktu makin meningkat. Dengan demikian, makin banyak diperlukan tenaga ahli madia yang siap kerja dalam bidang industri pangan dan hasil pertanian, seperti di perusahaan-perusahaan mie, susu, roti, teh, coklat, makanan minuman kaleng, minyak, mentega, minyak atsiri, gula cair, kecap, jamu dll. Di samping itu, D-3 Teknologi Hasil Pangan (THP) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret memberikan bekal lulusannya untuk berwirausaha di bidang teknologi pangan dan hasil pertanian.

Visi

Menjadikan program pendidikan D-3 THP yang berkualitas secara nyata, berkontribusi dalam pengembangan industri hasil pertanian yang unggul di bidang teknologi proses dan pengendalian mutu untuk menunjang pertanian berkelanjutan.

Misi

  1. Melaksanakan proses belajar-mengajar untuk mengha-silkan tenaga ahli madia yang profesional, tangguh serta siap bekerja di industri pengolahan hasil pertanian baik tingkat lokal, nasional maupun global, sehingga mampu mengembangkan unit wirausaha yang berdaya saing.
  2. Melaksanakan kajian untuk menghasilkan teknologi hasil pertanian melalui inovasi teknologi proses dan penerapan konsep pengendalian mutu untuk membantu mengem-bangkan usaha kecil menengah di Indonesia dengan konsep pertanian berkelanjutan.

Tujuan

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lulusan Prodi D-3 THP FP Universitas Sebelas Maret dapat bekerja di industri pengolahan pangan dan minuman, instansi pemerintah, instansi swasta, serta wirausahawan.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ketua Program Studi: R. Baskara Katri Anandito, S.T.P., M.P.