Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 163/ Dikti/ kep/ 2007, Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menetapkan keberadaan Program Studi Agroteknologi. Kegiatan akademik Prodi Agroteknologi FP UNS telah berjalan sejak tanggal 1 September 2008. Program Studi S1 Agroteknologi FP UNS mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja sebagai pemasok tenaga kerja maupun berwirausaha mandiri. Prodi Agroteknologi FP UNS merupakan satu dari beberapa Prodi Agroteknologi di Indonesia yang memiliki program kelas internasional dan memiliki kerjasama untuk pertukaran mahasiswa dan atau studi lanjut ke pascasarjana dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka.

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang budidaya tanaman yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mewujudkan pertanian terpadu berkelanjutan dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang budidaya tanaman untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mewujudkan pertanian terpadu berkelanjutan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang mengarah ke pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk penyelesaian masalah di bidang budidaya tanaman, khususnya tanaman unggulan lokal.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk penerapan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama di tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang

  1. Kompeten dalam bidang budidaya tanaman yang mencakup aspek sumberdaya lahan, agronomi, dan perlindungan tanaman berdasarkan kearifan lokal.
  2. Mampu berinovasi dalam menerapkan IPTEK.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial, serta adaptif terhadap lingkungan.
  4. Mampu berkomunikasi dan bekerja sama.
  5. Menjunjung etika profesi.
  6. Menghasilkan produk penelitian yang memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang budidaya tanaman, khususnya tanaman unggulan lokal, serta berkontribusi untuk penyelesaian masalah pertanian.
  7. Mendiseminasikan dan mengimplementasikan temuan IPTEK kepada masyarakat.
  8. Menghasilkan jejaring (networking) kerjasama untuk meningkatkan mutu institusi dan lulusan.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lapangan kerja lulusan Program Studi Agroteknologi cukup luas dan terdapat di berbagai bidang dan instansi, seperti sebagai staf di dinas pertanian, dinas perkebunan, lingkungan hidup, karyawan dan manajer perbankan, sebagai peneliti di lembaga penelitian dan pengembangan pertanian, sebagai inspektor atau staf di dinas karantina, staf perusahaan perkebunan dan perusahaan industri pertanian, dan menjadi pengusaha on-farm bidang produksi tanaman maupun off-farm bisnis pascaproduksi, seperti pengolahan, pengemasan, penyaluran, dan perdagangan benih, produk, dan sarana prasarana pertanian lainnya.

Kurikulum

Program Studi S1 Agroteknologi memiliki beberapa bidang peminatan, yaitu Agronomi, Lahan, Tanaman, dan Organik. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui http://agroteknologi.fp.uns.ac.id/index.php/kurikulum/ atau akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Fax:  (0271) 637457 Ext. 127
Surel: agroteknologi@uns.ac.id
Website: agroteknologi.fp.uns.ac.id

Media Sosial

Ketua Program Studi: Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si.