Perkembangan pengolahan pangan dan semakin bervariasinya tuntutan konsumen akan pangan olahan, maka akan menyebabkan semakin banyak bermunculan industri-industri pangan olahan. Untuk dapat memenuhi target luaran industri-industri tersebut tentunya dibutuhkan tenaga-tenaga terampil bidang pengolahan hasil pertanian. Untuk itulah sangat strategis sekali bila program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan UNS mengambil sebagaian dari peran ini.

Visi

Menjadi program studi unggul di tingkat internasional dalam bidang ilmu dan teknologi pangan yang berorientasi pada pembangunan pertanian terpadu berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu dan teknologi pangan untuk menghasilkan sarjana yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi pangan guna menunjang pembangunan pertanian terpadu dan berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan di bidang pangan.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana teknologi pertanian di bidang ilmu dan teknologi pangan yang berbudi pekerti luhur, profesional, kreatif, tangguh, berintegritas tinggi, dan mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Menjadikan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan sebagai salah satu pusat pengembangan IPTEKS di bidang pangan.
  3. Meningkatkan peran program studi dalam pemberdayaan masyarakat di bidang pangan untuk memberikan solusi permasalahan melalui penerapan teknologi tepat guna.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Kurikulum

Program Studi S1 Agroteknologi memiliki beberapa bidang peminatan, yaitu Agronomi, Lahan, Tanaman, dan Organik. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui http://agroteknologi.fp.uns.ac.id/index.php/kurikulum/ atau akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ketua Program Studi: Ir. Bambang Sigit Amanto, M.Si.