Prodi PKP UNS memiliki sejarah yang berliku. Prodi ini mulai dikembangkan sejak Tahun 1996 (SK Dirjen Dikti No.222/Dikti/Kep/1996) dengan nama semula Program Studi Sosiologi Pedesaan. Berdasarkan Surat keputusan Rektor UNS Nomor : 123/J27.23/KP/2004, Prodi PKP berubah menjadi Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Selanjutnya mulai Tahun 2007 ada perubahan dengan dikeluarkannya SK Dirjen Dikti No 163 Tahun 2007 Tentang Penataan dan kodifikasi Program Studi, dimana Jurusan PKP bergabung dengan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian menjadi Program Studi Agribisnis. Oleh sebab itu, sejak Tahun Ajaran 2008/2009 Prodi/juruan PKP tidak menerima mahasiswa baru. Tetapi hingga awal Tahun 2013 belum pernah diterbitkan SK Rektor UNS tentang Penutupan/Penon-aktifan Jurusan/Prodi PKP di lingkungan FP UNS. Akhirnya, di Bulan April 2013Jurusan/Prodi PKP (bersama dengan Prodi Ilmu Tanah) diiberikan Izin Penyelenggaraan Program Studi dengan nama Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Prodi PKP) sesuai Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 115/E/O/2013 tentang penetapan Kembali Izin Penyelenggaraan Program Studi-Program Studi pada Universitas Sebelas Maret.

Mengikuti perjalanannya, Prodi PKP mengalami perkembangan yang membanggakan. Sejak Tahun Ajaran 2001/2002 dikembangkan menjadi Program Magister (S2) Penyuluhan Pembangunan (SK Dirjen Dikti No 2591/D/T/2001), kemudian sejak Tahun Ajaran 2008/2009 dikembangkan juga Program Doktor (S3) penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat (SK Dirjen Dikti No 06/D/T/2008).

Visi

Menjadi program studi unggul di tingkat internasional dalam bidang Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang berorientasi pada pembangunan pertanian berkelanjutan

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pencapaian kompetensi, profesional, kreatif, tangguh dan berintegritas tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang menunjang pembangunan pertanian berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang dihadapi masyarakat.

Tujuan

Akreditasi

Akses melalui link https://uns.ac.id/id/akademik/akreditasi-program-studi-di-program-sarjana-uns.html

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Lulusan PKP UNS dapat bekerja di berbagai bidang, antara lain pendidikan (dosen, peneliti), kewirausahaan (wirausahawan di perusahaan bidang pertanian), eksekutif (birokrat, bankir), jurnalistik (wartawan, editor), pemberdayaan masyarakat (penyuluh/fasilitator, konsultan),

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Faks: (0271) 637457
Surel: prodi.pkp.uns@gmail.com
Website: pkp.fp.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Agung Wibowo, S.P., M.Si