Program Studi S1 Peternakan berdiri sejak tahun 1998 dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi dengan No. 446/DIKTI/Kep/1997 tentang Pembentukan Progam Studi S1 Produksi Ternak pada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret tertanggal 5 Desember 1997. Selanjutnya terhitung mulai tanggal 26 April 2006 Program Studi Produksi Ternak berubah menjadi Jurusan/Program Studi Peternakan berdasarkan SK Rektor UNS No. 258/J27/PP/2006 tentang Perubahan status program studi menjadi jurusan/program studi di Fakultas Pertanian tertanggal 26 April 2006, dan dengan SK Dirjen Pendidikan Tinggi No 319/D/T/2007 tentang Perubahan nama Program Studi Produksi Ternak manjadi Program Studi Peternakan pada Universitas Sebelas Maret Surakarta tanggal 13 Februari 2007, Program Studi Produksi Ternak berubah menjadi Program Studi Peternakan.
Program Studi Peternakan terdiri dari 4 Laboratorium yaitu: 1) Laboratorium Produksi Ternak, 2) Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, 3) Laboratorium Sosial Ekonomi Peternakan, dan 4) Laboratorium Industri Pengolahan Hasil Peternakan. Program Studi Peternakan memiliki laboratorium lapangan (experimental farm) yang dapat digunakan untuk praktikum dan penelitian. Laboratorium lapangan ini terletak di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Visi

Menjadi program studi unggul di tingkat internasional dalam bidang agribisnis yang berorientasi pada pembangunan pertanian berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang peternakan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi pengembangan peternakan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berkemampuan, berketerampilan, bersikap, berkepribadian, dan berakhlak tinggi.
  2. Menghasilkan pengetahuan/teknologi yang inovatif dan unggul bagi pengembangan peternakan terpadu dan berkelanjutan.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan/teknologi kepada masyarakat dalam rangka mendorong sistem peternakan terpadu dan berkelanjutan.
  4. Mengembangkan sistem manajemen internal/pengelolaan lembaga yang mampu mendukung bagi terselenggaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Alumni Prodi Peternakan FP Universistas Sebelas Maret dapat bekerja di perusahaan bidang peternakan (industri pakan, breeding farm, farmasi hewan, peternakan komersial) , instansi pemerintah (dinas peternakan, lembaga penelitian), perguruan tinggi, perbankan, wirausaha, dan sebagainya.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Faks: (0271) 637457
Surel: peternakan@uns.ac.id
Website: peternakan.fp.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Dr. Ir. Eka Handayanta, M.P.