Program Studi D3 Desain Komunikasi Visual (D3 DKV) yang berdiri tahun 2000 memiliki tujuan menghasilkan seorang Ahli Madya yang mempunyai kemampuan teknis guna memenuhi kebutuhan dunia industri kreatif yang memiliki standar kompetensi pada desain grafis, multimedia dan komunikasi visual periklanan. Pengelolaan program studi berfokus pada hal yang bersifat pengembangan dan peningkatan institusi, antara lain sistem manajemen, kurikulum, sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

Visi

  1. Menjadi Program Studi Desain Komunikasi Visual terapan yang mengacu pada ilmu pengetahuan, wawasan aktual dan berorientasi pada pengembangan teknologi
  2. Menjadi Program Studi yang berbasis pada nilai-nilai budaya nasional dalam implementasi karya-karya desain modern
  3. Menjadi Program Studi yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk menjadi mitra pemerintah, masyarakat, serta dunia industri kerja dan berperan serta dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Misi

  1. Mendidik tenaga ahli yang memiliki kompetensi dengan menguasai pengetahuan dan wawasan yang berbasis teori komunikasi visual, kreativitas, ketrampilan mendesain baik secara manual maupun digital, serta memiliki sikap mandiri dan bertanggung jawab pada pekerjaannya.
  2. Mendidik tenaga ahli untuk mengenal dan mendalami sekaligus memberdayakan potensi budaya nasional dalam penerapannya ke dalam karya-karya desain modern.
  3. Mendidik tenaga ahli dengan menekankan pada improvement dan aplikasi keahlian profesional dalam bidang Desain Grafis, Multimedia, dan Komunikasi Visual Periklanan dan penguasaan keahlian bidang Komunikasi Visual dengan mempertimbangkan faktor-faktor persuasi, komunikasi, visual, audio, dan teks.
  4. Mendididk tenaga ahli komunikasi visual yang difokuskan pada keahlian dalam bidang desain yang berbasis sistem, seni, dan teknologi yang memiliki kemampuan merancang karya desain komunikasi visual statis maupun dinamis.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi sehingga memiliki kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merumuskan gagasan secara sistematis dan menerapkannya dengan tingkat kemampuan teknis yang berstandar industri serta mengkomunikasikan karya secara efektif.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerja sama dengan bidang keahlian lain yang terkait dalam suatu organisasi kerja.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

  1. Desainer Komunikasi Visual (Praktisi Desain)
    • Desain Grafis; menjadi desainer : corporate identity, stationery kit, desain grafis kemasan, desain grafis pameran, desain grafis lingkungan, desain perwajahan buku/majalah/tabloid/koran/jurnal, desain huruf, desain grafis sampul album rekaman, desain grafis t-shirt (clothing), board game, infografiK.
    • Desain Multimedia Interaktif; menjadi desainer : animasi, motion graphic, film, video klip, eBook/e-Magz, desain web, UI/UX (mobile app).
    • Desain Iklan; menjadi desainer: iklan komersial dan iklan layanan masyarakat.
  2. Wirausaha Desain Komunikasi Visual; menjadi wirausaha/mempunyai usaha sendiri dibidang desain komunikasi visual.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Ketua Program Studi: Hermansyah Muttaqin, S.Sn., M.Sn.