Mahasiswa Program Studi S-1 Arsitektur akan menempuh 144 SKS dalam delapan semester. Dalam 144 SKS tersebut, terdapat mata kuliah wajib seperti Matematika Teknik, Rekayasa Struktur Bangunan, dan Arsitektur Jawa, dan mata kuliah pilihan seperti Disain Produk, Aksisibilitas, Komputer Grafis, dan Kritik Arsitektur yang akan ditempuh mahasiswa yang dimulai sejak semester empat.

Visi

Menghasilkan sarjana teknik dalam bidang ilmu arsitektur yang dipersiapkan menjadi arsitek profesional dan bertaraf internasional, berdaya saing tinggi serta berbudaya nasional yang mengakar pada kearifan lokal.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mengantarkan mahasiswa menjadi sarjana teknik dalam bidang ilmu arsitektur yang berkemampuan akademik dan kesiapan menjadi sarjana profesional dalam bidang rekayasa arsitektur, berbudaya nasional yang mengakar pada kearifan lokal dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) Arsitektur yang berbudaya nasional dan mengakar pada kearifan lokal.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang rekayasa yang relevan dengan disiplin keilmuan arsitektur yang berbasis pada budaya nasional dan mengakar pada kearifan lokal.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki kemampuan untuk tanggap terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dan merumuskan alternatif solusi khususnya berkaitan dengan perencanaan dan perancangan arsitektur dengan indikator indeks performa (IP) tinggi, lulus tepat waktu dan segera terserap dalam dunia kerja, baik sebagai karyawan atau wiraswasta.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan dan perancangan arsitektur dengan menggunakan metode ilmiah dalam kerja penelitian.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu arsitektur, khususnya melalui pengabdian, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berbudaya.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Dapat bekerja di berbagai bidang yang berhubungan dengan perancangan bangunan, contohnya: konsultan arsitek mandiri ataupun milik orang lain, perusahaan pengembang (developer), perusahaan kontraktor, serta PNS.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Fax:  (0271) 647069 ext.221
Surel: arsitektur@ft.uns.ac.id
Website: arsitektur.ft.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Amin Sumadyo, S.T., M.T.