Mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Elektro akan menempuh 140-160 SKS. Pada semester IV mahasiswa akan diberikan pemilihan minat dalam empat bidang yaitu: Minat Sistem Energi Listrik (SEL), Minat Sistem Isyarat Elektronik (SIE), Minat Sistem Informatika (SKI), dan Minat Sistem Mektronika (SMK)

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang teknik elektro, meliputi aspek kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan mengembangkan sistem belajar mengajar dengan paradigma baru “student-centred learning” yang terbimbing.
  2. Menyelenggarakan pengembangan pribadi yang mumpuni yaitu yang kreatif, inovatif dan kompeten didukung oleh sikap yang bersahabat, adil dan bersungguh-sungguh, melalui keluarga asuh.
  3. Mengembangkan bidang ilmu teknik elektro terutama menyangkut bidang energi, isyarat, informasi, mekatronis dan elektro-otomotif.
  4. Melaksanakan penerapan teknologi baru dalam rangka pengabdian pada masyarakat.
  5. Menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing yang tinggi dan berbudi luhur.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang teknik elektro yang mempunyai integritas dan motivasi secara kreatif, inovatif, bersahabat, adil dan kompeten sehingga mempunyai daya juang dan daya saing yang tinggi serta berbudi luhur sehingga mampu berkarya secara profesional secara mandiri maupun kerjasama tim yang didasari pengetahuan yang cukup untuk menjawab tantangan yang ada untuk meraih keunggulan dalam pengembangan sumber daya manusia.
  2. Mentransfer pengetahuan (transfer of knowledge) pada mahasiswa secara efektif, kreatif, inovatif, profesional dengan melaksanakan proses belajar mengajar bertumpu pada kegiatan mandiri mahasiswa dan tim untuk meraih keunggulan dalam penguasaan bidang ilmu.
  3. Menghasilkan inovasi bidang ilmu teknik elektro meliputi bidang teknologi energi, isyarat, informasi dan mekatronis secara porposional dengan melaksanakan penelitian yang terencana dan berkesinambungan untuk meraih keunggulan dalam pengembangan bidang ilmu, terutama dalam bidang elektro-otomotif.
  4. Menghasilkan teknologi baru yang memberi solusi bagi permasalahan yang ada guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk meraih keunggulan dalam pengabdian pada masyarakat.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Dapat bekerja berbagai bidang industri, misalnya di pembangkitan, transmisi, distribusi tenaga listrik (Perusahaan Listrik Negara atau Perusahaan Listrik Swasta, industri besar), industri perancang/penghasil komponen listrik/elektronika, industri-industri pada umumnya yang sarat dengan mesin-mesin listrik, instrumentasi, control system, pusat komputer dan jaringannya, BUMN, industri jasa telekomunikasi, industri peralatan telekomunikasi, dan industri elektronika konsumen juga di sektor pemerintahan seperti BUMN.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Fax:  (0271) 632110
Surel: elektro@ft.uns.ac.id
Website: elektro.ft.uns.ac.id

Media Sosial

Facebook: Teknik Elektro UNS

Ketua Program Studi: Irwan Iftadi, S.T., M.Eng..