Mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Mesin akan menempuh 148 SKS selama delapan semester. 148 SKS tersebut terdapat mata kuliah wajib seperti Menggambar Teknik, Aljabar, Menggambar Mesin dan Mekanika Fluida, dan mata kuliah pilihan seperti Motor Bakar, Energi Surya, Manajemen Energi, dan Mekanika Robot.

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi teknik industri unggulan bereputasi internasional untuk mendukung daya saing industri nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu dasar teknik mesin dan mampu beradaptasi pada standar kompetensi terkini dengan mengedepankan pembinaan suasana akademik berlandaskan nilai-nilai budaya nasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pengembangan ilmu dan teknologi yang unggul pada bidang material maju dan energi baru.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil penelitian dan menyelesaikan masalah rekayasa pada industri.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana teknik mesin yang menguasai ilmu dasar teknik mesin , mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi, sertamampu beradaptasi pada standar kompetensi terkini sarjana teknik mesin.
  2. Menghasilkankarya penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi yang unggul pada bidang material maju dan energi baru.
  3. Menghasilkan karya inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan dunia industri.
  4. Terwujudnya kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah, industri dan masyarakat.
  5. Tercapainya peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki.

Akreditasi

Kompetensi Lulusan/Prospek Kerja

Dapat bekerja di berbagai bidang seperti perancangan mesin, industri otomotif, maintenance engineer, dan developer.

Kurikulum

Akses di UNS – Open CourseWare. [ Klik disini ]

Kontak

Telepon/Fax: (0271) 632163
Surel: mesin[dot]ft@uns.ac.id
Website: mesin.ft.uns.ac.id

Ketua Program Studi: Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T.