Informasi Publik

Halaman Informasi Publik berikut disajikan untuk seluruh stake holder/ pengguna jasa Universitas Sebelas Maret (UNS), yang memiliki tujuan utama adalah untuk menjamin, mendorong, dan meningkatkan peran masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik agar tercipta tata laksana penyelenggaraan negara yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

Dasar Hukum Pelayanan Informasi Publik

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ..:: unduh salinan ::..
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ..:: unduh salinan ::..
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ..:: unduh ::..
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan ..:: unduh salinan ::..
  5. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi ..:: unduh salinan ::..
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ..:: unduh salinan ::..
  7. Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 656/UN27/KP/2017 tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ..:: unduh salinan ::..
UNS Tolak Gratifikasi - Reformasi Birokrasi

REFORMASI BIROKRASI UNIVERSITAS SEBELAS MARET
..:: selengkapnya ::..

I. INFORMASI YANG WAJIB DISEDIAKAN DAN DIUMUMKAN SECARA BERKALA
Identitas dan Alamat
Nama Perguruan Tinggi Universitas Sebelas Maret disingkat UNS

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 1982 tentang Susunan Organisasi Universitas Sebelas Maret

Salinan Keputusan Presiden ..:: unduh ::..

Tanggal didirikan 11 Maret 1976

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1976

Salinan Keputusan Presiden ..:: unduh ::..

Alamat Jl. Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Telepon 0271-646994
Faksimile 0271-646655
Website https://uns.ac.id
Email campus@mail.uns.ac.id
Status Perguruan Tinggi Negeri/ Badan Layanan Umum (BLU)
Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 52/KMK.05/2009

Salinan Keputusan Menteri Keuangan ..:: unduh :..

Organisasi dan Tata Kerja Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2017

Salinan Peraturan Menteri Ristek Dikti ..:: unduh ::..

Akreditasi A (unggul) dengan skor 372.

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 016/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

Salinan Sertifikat Akreditasi ..:: unduh ::..

Lambang Perguruan Tinggi

Motto Mangesthi Luhur Ambangun Nagara

UNS BISA (Berbudaya kerja UNS ACTIVE, Internasionalisasi, Sinergi, Akselerasi)

Tagline ACTIVE Achievement orientation, Customer satisfaction, Team work, Integrity, Visionary, Entrepreneurship
Achievement orientation
(Orientasi berprestasi)
Definisi: Kemampuan untuk bekerja dengan baik dan berusaha melampaui standar prestasi yang ditetapkan, berorientasi pada hasil dan terus menerus melakukan upaya untuk meraih keunggulan.
Aspek: 1. Standar prestasi, 2. Ide Kreatif, 3. Keahlian, 4. Orientasi pada hasil, 5. Keunggulan, 6. Kesempurnaan.
Customer satisfaction
(Kepuasan pengguna jasa)
Definisi: Kemampuan untuk membantu atau melayani orang lain atau memenuhi kebutuhan pengguna jasa, baik internal maupun eksternal.
Aspek: 1. Proaktif, 2. Daya cepat tanggap, 3. Fokus pada pengguna jasa, 4. Empati, 5. Active listener, 6. Interaksi, 7. Keterbukaan.
Team work
(Kerja sama)
Definisi: Kemampuan bekerja bersama orang lain, baik dalam tim besar maupun tim kecil dalam ruang lingkup institusi.
Aspek: 1. Partisipasi, 2. Konstribusi, 3. Kerja sama, 4. Fokus pada kinerja tim, 5. Toleransi.
Integrity
(Integritas)
Definisi: Satunya kata dengan perbuatan, kemampuan mendeskripsikan maksud, ide, dan perasaan serta menerjemahkan seutuhnya kedalam perbuatan yang dilandasi dengan ketulusan, kesetiaan, rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi terhadap kemajuan organisasi selaras dengan visi dan misi UNS.
Aspek: 1. Akuntabilitas, 2. Kejujuran, 3. Tanggung jawab, 4. Konsistensi, 5. Kedisiplinan, 6. Komitment, 7. Loyalitas.
Visionary
(Visioner)
Definisi: Kemampuan menetapkan sasaran baru ketika target yang ditetapkan telah tercapai dan berorientasi jangka panjang, termasuk kemampuan menyesuaikan perubahan lingkungan dan mudah menerima perubahan dalam institusi.
Aspek: 1. Perbaikan berkelanjutan, 2. Perwujudan ide menjadi tindakan, 3. Inovasi, 4. Reputasi, 5. Pengelolaan perubahan.
Entrepreneurship
(Kewirausahaan)
Definisi: Kemampuan mengolah sumberdaya yang ada menjadi suatu produk dan jasa yang mempunyai nilai tambah dan mencari keuntungan/ keunggulan dari peluang yang belum dikembangkan orang lain.
Aspek: 1. Kemandirian, 2. Kesejahteraan bersama, 3. Kreativitas, 4. Nilai tambah, 5. Kewirausahaan.
Maklumat Pelayanan Informasi

Berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 728/UN27/HK/2017

Salinan Keputusan Rektor …:: Unduh ::..

 

Pimpinan Perguruan Tinggi

  1. Rektor: Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S.
    email: rektor@uns.ac.id, ravik@staff.uns.ac.id, ravikkarsidi@yahoo.com
  2. Wakil Rektor Bidang Akademik: Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.
    email: nnsutarno@staff.uns.ac.id, nnsutarno@yahoo.com
  3. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan: Dr. Mohammad Jamin, S.H., M.Hum.
    email: nimajhom@gmail.com, jamin_mh@yahoo.com
  4. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni: Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
    email: darsono.uns.solo@gmail.com
  5. Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama: Prof. Dr. Widodo Muktiyo
    email: muktiyo@yahoo.com

Senat Perguruan Tinggi

    1. Ketua Senat: Prof. Dr. Ir. Suntoro, M.S.
    2. Sekretaris Senat: Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
    3. Komisi A
      Pengembangan Kebijakan Dasar Bidang Pendidikan dan Pengajaran
      Ketua: Prof. Dr. Maridi, M.Pd.
      Sekretaris: Prof. Dra. Suparmi, M.A., Ph.D.
    4. Komisi B
      Pengembangan Kebijakan Dasar Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
      Ketua: Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc.
      Sekretaris: Prof. Stef. Adi Kristiawan, S.T., M.Sc. (Eng), Ph.D.
    5. Komisi C
      Pengembangan Kebijakan Dasar Pembinaan Mahasiswa dan Pemberdayaan Alumni
      Ketua: Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.
      Sekretaris: Dr. Mugi Harsono, S.E., M.Si.
    6. Komisi D
      Pengembangan Kebijakan Dasar Organisasi, Administrasi, Keuangan dan Kesejahteraan
      Ketua: Prof. Dr. Adi Sulistyono, S.H., M.H.
      Sekretaris: Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.
    7. Komisi E
      Pengembangan Kebijakan Dasar Perencanaan, Pengembangan Usaha dan Kerja sama
      Ketua: Prof. Dr. Sigit Santosa, M.Pd.
      Sekretaris: Dra. Diah Kristina, M.A., Ph.D.
    8. Komisi F
      Peningkatan Pemberdayaan Guru Besar
      Ketua: Prof. Drs. Pawito, Ph.D.
      Sekretaris: Prof. Dr. Dwi Aries Himawanto, S.T., M.T.
LAPORAN TAHUNAN REKTOR UNS
Disampaikan pada Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis
Lampiran Laporan Rektor
Capaian Kinerja Tahun 2016 dan Rencana Program Kerja Tahun 2017
..:: selengkapnya ::..
Laporan Rektor Tahun 2017
..:: selengkapnya ::..
 Publikasi Dokumentasi Data dan Informasi
Disajikan secara berkala berupa buku yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bertujuan untuk memberikan informasi tentang institusi dan perkembangannya, antara lain: identitas dan alamat, pimpinan dan senat perguruan tinggi, pimpinan unit kerja, sejarah, visi, misi, dan tujuan. Secara lebih lengkap juga memberikan gambaran tentang akselerasi UNS menuju world class university melalui penerapan budaya kerja “UNS ACTIVE”, prestasi yang telah diraih, serta informasi umum tentang Fakultas, Lembaga dan Unit Pelaksana Teknis (UPT).
  1. Prospektus
  2. Booklet

Disajikan secara berkala berupa sajian data yang diterbitkan meliputi: (1) Buku Saku Universitas Dalam Angka merupakan update data secara berkala yang diterbitkan setiap dua bulan pada tahun terkini, dan (2) Buku Data dan Informasi, memuat histori data beberapa tahun sebelumnya sampai dengan akhir bulan pada tahun terkini.

  1. Buku Data dan Informasi
  2. Buku Saku Universitas dalam Angka

Disajikan secara berkala berupa Profil Universitas Sebelas Maret berupa visualisasi yang dikemas dalam bentuk video-audio.

 ..:: Video ::..
II. INFORMASI YANG WAJIB TERSEDIA SETIAP SAAT
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) ..:: selengkapnya ::..
Sistem informasi akademik ..:: selengkapnya ::..
Sistem informasi penggunaan ruang perkuliahan ..:: selengkapnya ::..
Kalender Akademik 2017/2018 ..:: selengkapnya ::…
Perolehan akreditasi program studi
  1. Program Doktor
  2. Program Magister
  3. Program Pendidikan Dokter Spesialis
  4. Program Profesi
  5. Program Sarjana
  6. Program Diploma
Kepakaran dan bidang ilmu tenaga pendidik/ dosen …:: selengkapnya ::..
Penerimaan dan alokasi beasiswa …:: selengkapnya ::..
Lowongan kerja, karir, dan pengembangan diri ..:: selengkapnya ::..
Pengadaan barang dan jasa sesuai dengan peraturan perundang-undangan dapat diakses di situs LPSE Universitas Sebelas Maret ..:: selengkapnya ::..
Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bisa diakses di Aplikasi LHKPN Anti-Corruption Cleaning House KPK. ..:: selengkapnya ::..
Dokumen kearsipan dan prosedur pengelolaan arsip menyangkut teknik dan tahap-tahap yang harus dilaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan arsip. Prosedur pengelolaan arsip inaktif meliputi kegiatan pemindahan arsip inaktif, menentukan kapan arsip inaktif dapat dipindah, menentukan arsip yang akan dipindah, menyiapkan arsip yang akan dipindah serta menyiapkan ruang simpan arsip. Informasi mengenai arsip tekstual yang disimpan di Unit Pelaksana Teknis Kearsipan (UPT Kearsipan) Universitas Sebelas Maret. ..:: selengkapnya ::..
Peta kampus ..:: selengkapnya ::..
Penelitian tenaga pendidik/ dosen ..:: selengkapnya ::..
Pengelolaan keuangan ..:: selengkapnya ::..
Pengelolaan penyusunan peraturan perundang-undangan dan layanan hukum, pelaksanaan kegiatan kerja sama dalam negeri, koordinasi pelaksanaan program kerja sama dalam negeri, pelaksanaan administrasi kegiatan kerja sama dalam dan luar negeri. ..:: selengkapnya ::..
Pengeloaan kepegawaian ..:: selengkapnya ::..
Fakultas dan Pascasarjana ..:: selengkapnya ::..
Lembaga dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) ..:: selengkapnya ::…
Fasilitas kampus sebagai sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran Proses Belajar Mengajar (PBM) antara lain:
  1. Laboratorium terpadu
  2. Information and Communication Technologies (ICT) center dan hotspot area
  3. Language Center atau pengembangan bahasa
  4. Perpustakaan
  5. International Office
  6. Dokumentasi kearsipan
  7. Asrama mahasiswa
  8. Klinik kesehatan/ medical center dan apotik
  9. Tempat ibadah (Masjid, Gereja, Vihara, Pura)
  10. Transportasi kampus
  11. Tempat parkir dilengkapi dengan pusat pengendalian keamanan
  12. Rumah Sakit
  13. Pusdiklat dan hotel (UNS Inn)
  14. UNS book store
  15. Penerbitan dan percetakan (UNS Press)
  16. Kantor Pos
  17. Bengkel, garasi, dan cuci kendaraan
  18. Student center
  19. Studio penyiaran
  20. Panggung seni mahasiswa (Argo budoyo
  21. Gelora Olahraga (GOR)/ lapangan bulu tangkis, stadion/ lapangan bola, lapangan tenis, lapangan futsal, fitnes centre
  22. Auditorium dan Aula
  23. Pedestrian dan danau kampus
  24. Halte
  25. Water tap siap minum
  26. Kantin
  27. Bank dan ATM
  28. Koperasi pegawai (KPRI) dan Toko
  29. Koperasi mahasiswa
  30. SPAM
  31. Corner/ center internasional
  32. Museum

PERMINTAAN INFORMASI PUBLIK
..:: selengkapnya ::..

ASPIRASI DAN PENGADUAN UNTUK UNIVERSITAS SEBELAS MARET
..:: selengkapnya ::..

TATA CARA MEMPEROLEH INFORMASI PUBLIK
..:: selengkapnya ::..

HAK MEMPEROLEH INFORMASI
..:: selengkapnya ::..

PENJELASAN INFORMASI PUBLIK
..:: selengkapnya ::..

SURVEY KEPUASAN PENGGUNA JASA
..:: selengkapnya ::..