UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS). Kegiatan ini dibuka secara daring oleh Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan, Jumat (15/7/2022).

Prof. Sajidan menyampaikan, FGA DTS merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 agar dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.

Program FGA juga bekerja sama dengan mitra global technology companies ternama, mitra edukasi teknologi lokal dan Perguruan Tinggi dalam pemenuhan kebutuhan talenta digital, salah satunya adalah UNS. Hal ini dimaksudkan agar para lulusan ini dapat memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi dan berkesempatan untuk memiliki sertifikasi global serta dapat bersaing baik di industri dalam maupun luar negeri.  “Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam hal ini berupaya untuk menciptakan ekosistem seimbang untuk memaksimalkan peran triple helix (instansi pemerintahan, sektor industri, dan institusi pendidikan) untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital,” terang Prof. Sajidan.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Kominfo RI yang diwakili Wakil Sub-Pokja FGA Kementerian Kominfo, Fajar Rulhudana mengatakan, secara keseluruhan, penerima manfaat dari FGA tahun 2022 sebanyak 25.000 orang peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi (upskilling) dan daya saing peserta di dunia industri baik nasional maupun global melalui pelaksanaan pelatihan dan program sertifikasi di Bidang TIK. “Lalu juga untuk meningkatkan daya saing peserta di dunia industri atau profesional sehingga SDM Indonesia dapat bersaing di tingkat nasional maupun global. Serta mengakselerasi pemenuhan kebutuhan tenaga terampil yang siap pakai di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi,” ujar Fajar Rulhudana.

Kepala Program Studi (Kaprodi) D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi (SV) UNS, Hartatik, S.Si, M.Si. menambahkan, sebagai fasilitator, UNS telah bekerja sama dalam pelaksanaan Digital Talent Scholarship sejak tahun 2019 hingga sekarang. Tim pengajar berasal dari bidang Informatika di UNS, serta peserta lulusan dari bidang TI yaitu Informatika FMIPA, PTIK FKIP dan TI SV UNS.

Bekerja Sama Dengan Kementerian Kominfo, UNS Gelar FGA DTS

Untuk peserta FGA DTS UNS batch 3 dengan periode pelaksanaan 15 Juli -30 agustus 2022 sebanyak 71 peserta dari 20 PT di Indonesia. Diantaranya UNS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Keuangan Negara STAN, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Komputer Niaga Lpkia, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Amikom Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Amikom Purwokerto, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Raharja, Universitas Semarang, Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan Institut Teknologi Telkom Surabaya. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...