Sebanyak 446 Pendaftar Lolos PMDK Program Diploma SV UNS

UNS — Sebanyak 446 pendaftar dinyatakan lolos dalam seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) tahun 2021 Program Diploma Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang diumumkan pada Rabu (31/3/2021).

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus, Kepala UPT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Hadiwiyono dan Dekan SV UNS, Santoso Tri Hananto, M.Acc mengatakan, jalur PMDK tahun 2021 Program Diploma SV UNS banyak diminati oleh lulusan SMA sederajat bahkan terbanyak dalam lima tahun terakhir. Pendaftar jalur PMDK tahun 2021 Program Diploma SV UNS ini sebanyak 9.529 pendaftar dengan rincian 4.516 pendaftar Saintek dan 5.013 pendaftar Soshum yang berasal dari 30 provinsi di Indonesia. Angka ini naik sebesar 34% dari 7.105 pendaftar pada tahun 2020.

“Yang dinyatakan lolos seleksi PMDK tahun 2021 Program Diploma SV UNS yaitu sebanyak 446 orang dengan rincian 176 orang Saintek dan 270 orang Soshum,” terang Prof. Jamal.

Prof. Jamal menambahkan, dalam PMDK tahun 2021 Program Diploma SV UNS ini, terdapat enam Program Studi (Prodi) bidang ilmu Saintek dengan Keketatan Tertinggi. Diantaranya D-3 Farmasi dengan angka keketatan tertinggi 1:61, D-3 Tehnik Informatika 1:42, D-3 Teknik Sipil 1:29, D-3 Tehnik Kimia 1:28 dan D-3 Tehnik Mesin 1:26 dan D-3 Agribisnis juga 1:26. Sementara untuk Bidang Ilmu Soshum, terdapat lima Prodi dengan Keketatan Tertinggi dalam jalur PMDK Program Diploma SV UNS ini, yaitu D-3 Manajemen Bisnis 1:35, D-3 Perpajakan 1:33, D-3 Akuntansi 1:26, D-3 Manajemen Administrasi 1:23 dan D-3 Keuangan perbankan 1:21.

Bagi peserta yang lolos seleksi PMDK Program Diploma SV UNS tahun 2021, Prof jamal menghimbau untuk segera mengikuti proses selanjutnya. Terdapat tanggal-tanggal penting yang perlu dicatat untuk tahapan selanjutnya. Yaitu 1 – 6 April 2021 (sampai pukul 16:00 WIB) pengisian biodata calon mahasiswa melalui https://spmb.uns.ac.id/biodata, 6 April 2021 pengumuman Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui https://spmb.uns.ac.id/ukt, 6 – 9 April 2021 (sampai pukul 16:00 WIB) permohonan perubahan UKT (bagi yang tidak mampu) melalui https://spmb.uns.ac.id/perubahanukt. Lalu tanggal 16 April 2021 pengumuman UKT bagi yang mengajukan perubahan, 7– 23 April 2021 Pembayaran UKT dan registrasi online dan 16-23 April 2021 Pembayaran UKT bagi yang mengajukan perubahan.

“Bagi siswa yang tidak lolos PMDK 2021, masih mendapat kesempatan untuk mendaftar Seleksi Utama Masuk Diploma (SUMD). Informasi mengenai persyaratan dan tata cara SUMD Tahun 2021 dapat dilihat pada laman https://spmb.uns.ac.id. Selain itu UNS juga memberikan kesempatan siswa mengikuti seleksi melalui jalur Seleksi Mandiri UNS (SM-UNS) Tahun 2021. Seleksi Mandiri terdiri dari 5 jalur, yaitu Jalur Prestasi, Jalur Kemitraan, Jalur Disabilitas, Jalur Ujian Tulis Daring UNS, dan Jalur Nilai UTBK-LTMPT,” jelas Prof. Jamal.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman SPMB UNS, https://spmb.uns.ac.id. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...