PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI 2018-10-09T10:25:19+00:00

Profil PPID

Universitas Sebelas Maret berkomitmen untuk menyediakan layanan informasi publik dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sebagaimana ketentuan Kemenristekdikti sebagai PTN BLU, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama ditunjuk sebagai Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). UNS menyediakan layanan berbasis daring untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi yang dibutuhkan. Layanan berbasis daring dapat diakses melalui website resmi dan media sosial (Facebook dan Twitter). Sedangkan untuk data yang tidak diunggah di website, masyarakat dapat mengirimkan permintaan secara tertulis melalui surat yang dikirim langsung ke kantor Humas dan messenger akun facebook PPID UNS, atau dengan cara lain yang sesuai dengan peraturan.

Tugas dan Fungsi PPID

Tugas

Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pelayanan dan pengolahan informasi dan dokumentasi di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Fungsi

Fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi antara lain:

  1. Menghimpun informasi publik di lingkungan Universitas Sebelas Maret;
  2. Menyampaikan informasi publik yang diperoleh dari seluruh unit kerja di lingkungan Universitas Sebelas Maret;
  3. Melaksanakan uji informasi publik untuk masuk dalam kategori informasi yang dikecualikan;
  4. Menyediakan dan pemberian layanan informasi publik yang bersifat terbuka;
  5. Menyelesaikan sengketa pelayanan informasi.

Visi dan Misi PPID

Visi

Menjadi penyedia layanan informasi Universitas Sebelas Maret yang cepat, akurat dan transparan.

Misi

  1. Meningkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik yang cepat, akurat dan transparan di lingkungan Universitas Sebelas Maret.
  2. Meningkatkan Pengelolaan Layanan Informasi Publik di lingkungan Universitas Sebelas Maret.
  3. Menghimpun dokumentasi informasi di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Dasar Hukum Pelayanan Informasi Publik

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik [ unduh salinan ]
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik [ unduh salinan ]
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik [ unduh salinan ]
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan [unduh salinan]
  5. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi [ unduh salinan ]
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik [ unduh salinan ]
  7. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 tentang Layanan Informasi Publik di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.  [ unduh salinan ]
  8. Keputusan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 656/UN27/KP/2017 tentang Pengangkatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) ..:: unduh salinan ::..
UNS Tolak Gratifikasi - Reformasi Birokrasi

Sabtu, 28 April 2018, sekitar pukul 23.15 WIB telah terbakar dua unit mobil milik penunggu pasien RS UNS yang diparkir di halaman parkir depan RS UNS.

Diawali dengan terlihatnya asap yang muncul dari kap mesin Toyota Rush hitam oleh petugas security Lobby Utama RS UNS, yang dengan segera mengaktifkan kode merah Rumah Sakit, mengumumkan kejadian ke seluruh RS UNS melalui sistem pengumuman audio RS UNS, berusaha memadamkan api dengan APAR, menyiapkan hidran dan menghubungi Pemadam Kebakaran serta pemilik kendaraan.

Angin yang kencang membuat api semakin membesar dan menyambar Suzuki Ignis merah hitam yang terparkir di sebelahnya, dan membuat kobaran semakin sulit dijinakkan.

Sekitar pukul 23.25 WIB, Pemadam Kebakaran Surakarta datang dan mengambil alih upaya pemadaman, dan sekitar pukul 23.35 WIB kebakaran berhasil dipadamkan sepenuhnya.

Sekitar pukul 23.55 WIB, Wakil Direktur Umum RS UNS, Ir. Ahmad Farkhan, MT., didampingi Kepala IPS RS UNS meninjau kedua mobil dan melakukan mitigasi kronologis awal, lalu menginstruksikan Koordinator Humas RS UNS untuk melaporkan kejadian tersebut kepada Kepolisian Sektor (Polsek) Kartasura sekitar pukul 00.10 WIB.

Tim dari Polsek Kartasura tiba sekitar pukul 00.30 WIB dan melakukan olah TKP, termasuk memberikan beberapa pertanyaan kepada kedua pemilik kendaraan yang kebetulan adalah satu keluarga.

Kesimpulan sementara kebakaran terjadi karena hubungan pendek sistem kelistrikan Toyota Rush Hitam yang menimbulkan percikan api dan memantik kebakaran. Namun demikian, Polsek Kartasura masih mendalami kemungkinan penyebab lain dengan melakukan penelusuran melalui CCTV RS UNS, yang masih berjalan sampai pada saat press release ini dibuat.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Kendaraan lain terparkir dalam jarak aman sehingga terhindar dari risiko turut terbakar. Pelayanan RS UNS tetap berjalan lancar tanpa gangguan berarti.

RS UNS, 29 April 2018
Eqi Dianda – Koordinator Humas RS UNS (082221222494)

Alur Permintaan Informasi Publik

Klik disini

Maklumat Pelayanan Publik

Berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 728/UN27/HK/2017 [unduh salinan]

lapor.go.id