UNS — Grup Riset (GR) Monetary and Fiscal Studies Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Pelatihan Pelayanan Prima, Rabu (7/7/2021). Kegiatan ini berlangsung di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Kube Colomadu Sejahtera. Pelatihan dilaksanakan dengan metode gabungan daring dan luring guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kinerja karyawan di koperasi tersebut.

Tim PKM FEB UNS ini terdiri dari Dr. Siti Aisyah Tri Rahayu, M.Si., Drs. Sutanto, M.Si., Lukman Hakim, S.E., M.Si., Ph.D., Dr. Mulyanto, M.E., Riwi Sumantyo, S.E.M.M., Ariyanto Adhi Nugroho, S.E., M.Ec., Dev., MAPPI (Cert)., Hery Sulistio Jati Nugroho Sriwiyanto, S.E., M.S.E , Dr. Tetuko Rawidyo Putro, S.E., M.Si., dan Johadi, S.E., M.Sc.

PKM dilaksanakan dengan memberikan pelatihan pelayanan prima kepada karyawan. Dr. Aisyah mengatakan bahwa fokus pelatihan ada pada upaya peningkatan kinerja karyawan. Hal tersebut guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya pelayanan prima dalam interaksi dengan pihak internal dan eksternal.

Pembekalan materi yang diberikan meliputi akses terhadap lembaga keuangan, baik konvensional, maupun syariah, serta teknologi keuangan. Selain itu, adapula pemberian pemahaman terkait konsumen sebagai individu yang memiliki banyak keinginan dan persepsi pada sebuah produk atau pelayanan jasa. Kegiatan PKM ini juga berupaya melengkapi kemampuan karyawan dengan pemahaman pelayanan prima.

“Peserta diharapkan mampu memberikan pelayanan prima, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan seorang konsumen dan berbagai metode pengukuran pelayanan prima serta mampu menangani berbagai keluhan” jelas Dr. Aisyah.

Grup Riset Monetary and Fiscal Studies FEB UNS Berikan Pelatihan Pelayanan Prima di KSPPS BMT Kube Colomadu Sejahtera

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh dua narasumber yang memiliki kompetensi di bidang keuangan dan perbankan dengan melihat dari perspektif akademisi dan praktisi. Narasumber pertama merupakan staf pengajar tetap FEB UNS, Lukman Hakim, S.E., M.Si., Ph.D. Dalam paparannya, Lukman Hakim memberikan pemaparan mengenai risiko-risiko yang dihadapi oleh lembaga keuangan, dalam hal ini KSPPS / BMT yang termasuk lembaga keuangan syariat.

Narasumber kedua adalah praktisi di bidang perbankan, Ita Jaya Puspitarini, S.Psi., M.M. Ita merupakan praktisi perbankan kompeten dalam bidang pelayanan prima (service excellent) di bidang perbankan. Saat ini menjabat sebagai Pemimpin Bidang Pembinaan Pelayanan BNI Surakarta.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu cara yang dapat diambil oleh BMT untuk meningkatkan kemampuan sumber daya serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabahnya. Pelayanan yang prima terhadap nasabah akan meningkatkan kepuasan nasabah, sehingga pada akhirnya akan memperbesar jumlah nasabah BMT. Ini juga akan meningkatkan dana nasabah yang bisa dihimpun oleh BMT untuk disalurkan kepada pihak ketiga yang memerlukan pembiayaan.

Grup Riset Monetary and Fiscal Studies FEB UNS Berikan Pelatihan Pelayanan Prima di KSPPS BMT Kube Colomadu Sejahtera

Dengan semakin banyaknya nasabah BMT, baik sebagai penyimpan dana maupun sebagai pemohon dana, pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan yang diperoleh oleh BMT. Hasil pelatihan diharapkan mampu menjadi motivasi dan memberikan skill yang diperlukan bagi karyawan yang akan meningkatkan kualitas layanan lembaga keuangan syariat di era global. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...