UNS — Unit Pelaksana Teknik (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar UNS Open Days yang membahas tentang Sosialisasi Jalur Mandiri UNS 2022. Acara ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting. Serta acara sosialisasi disiarkan langsung melalui YouTube SPMB UNS dan Instagram @spmbuns. Kegiatan UNS Open Days diselenggarakan selama 3 hari, 4-6 Juni 2022. Kegiatan UNS Open Days hari pertama diisi dengan acara Pimpinan UNS Menyapa dan Q&A Fakultas. Serta untuk hari kedua dan ketiga diisi dengan Q&A Fakultas dan Beasiswa.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. membuka secara resmi kegiatan UNS Open Days ini. Prof. Jamal menerangkan bahwa sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terdapat tiga jalur masuk PTN, diantaranya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM).

“SM menjadi seleksi yang terakhir. Jalur ini disediakan untuk memberikan akses Pendidikan Tinggi (PT) yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu, SM UNS dibuka 7 jalur untuk jenjang sarjana, yakni jalur ujian UNS, jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), jalur disabilitas, jalur prestasi, jalur kemitraan, jalur kepemimpinan muda, dan jalur kelas internasional. Adapun untuk jenjang vokasi ada 6 jalur, yakni jalur ujian UNS, jalur UTBK, jalur disabilitas, jalur prestasi, jalur kemitraan, dan jalur kepemimpinan muda. Perbedaannya hanya terletak pada jenjang vokasi tidak dibuka jalur kelas internasional,” jelas Prof. Jamal dalam sambutannya.

Prof. Jamal juga turut mengajak generasi muda untuk memilih PT terbaik. Serta cerdas, kreatif, adaptif, dan hati-hati dalam memilih universitas maupun Program Studi (Prodi). 

Mengapa UNS?

Kemudian acara UNS Open Days dilanjutkan dengan sosialisasi bersama Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. Prof. Yunus memaparkan tentang UNS Kampus Impianku.

“Saat ini UNS telah memiliki reputasi membanggakan baik di tingkat nasional sampai internasional. UNS juga telah menjalin kerja sama global dengan banyak universitas-universitas ternama di dunia. Kemudian UNS menjadi pusat unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), diantaranya PUI Baterai Lithium UNS, Javanologi, serta Center of Fintech and Banking UNS. Untuk Prodi sendiri pada jenjang Sarjana UNS memiliki 71 Prodi, jenjang Diploma 24 Prodi, jenjang Magister 45 Prodi, jenjang Doktor 21 Prodi, jenjang Profesi 5 Prodi, dan jenjang Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) 14 Prodi,” terang Prof. Yunus.

Selain itu, fasilitas pembelajaran di UNS dari segi kurikulum telah mengadaptasi Outcome Based Education (OBE) yang berorientasi industri 4.0. UNS juga memfasilitasi pembelajaran berstandar internasional, terlihat dari fasilitas ruang kelas dengan standar internasional, mempunyai sistem aplikasi daring seperti Open Course Ware (OCW) dan Sistem Pembelajaran Daring (Spada), serta memiliki sistem yang terintegrasi.

“Kemudian dari segi sarana dan prasarana yang dimiliki, UNS memiliki layanan Akademik yang telah bersertifikat ISO 9001:2015, Perpustakaan UNS yang didukung UNS Library Automation (LA) dan Digital Library, hotspot kampus yang tersebar di seluruh lingkungan UNS, terdapat UNS Book Store yang menyediakan koleksi buku lengkap yang dibutukan mahasiswa, memiliki layanan kesehatan melalui Medical Center UNS dan Rumah Sakit UNS, Asrama Mahasiswa UNS dengan kapasitas 700 unit, Hotel UNS Inn, mempunyai fasilitas peribadatan untuk semua agama yang telah diakui di Indonesia (Pura, Vihara, Kelenteng, Gereja, dan Masjid), sarana transportasi kampus, Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) UNS, serta fasilitas laboraturium yang lengkap dan memiliki tempat praktik di lapangan untuk penelitian, riset, dan lain sebagainya,” jelas Prof. Yunus.

Terakhir Prof. Yunus berpesan bagi adik-adik jika memilih kampus impian, pilihlah sesuai dengan minat. Juga bagi adik-adik yang sudah mantap mendaftar di UNS, jangan lupa mempersiapkan diri dengan matang. Serta persiapkan pula bidang ilmu yang akan dipilih.

Sementara itu, Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si, memaparkan tentang Memilih Jalur Seleksi Mandiri UNS 2022. Prof. Hadi menyampaikan bahwa setiap tahunnya animo pendaftar di UNS dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

“Sebagaimana yang telah diungkapkan Prof. Jamal, bahwa SM UNS jenjang Sarjana membuka 7 jalur, sedangkan SM UNS jenjang Diploma membuka 6 jalur. Untuk jalur kemitraan, jalur prestasi, jalur disabilitas, dan jalur kepemimpinan muda pendaftaran dibuka mulai dari 23 Mei-13 Juni 2022. Adapun untuk jalur ujian UNS, jalur nilai UTBK, dan jalur kelas internasional pendaftaran dibuka dari tanggal 1-26 Juni 2022. Informasi selengkapnya dapat terus pantau melalui website spmb.uns.ac.id atau Instagram @spmbuns,” ungkap Prof. Hadi.

Selanjutnya pada sesi sharing alumni dengan mendatangkan Dirut Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso sekaligus Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), Dr. Mohammad Syahril, Sp.P., MPH. Dr. Syahril menyampaikan bahwa ia masuk UNS karena saat itu Fakultas Kedokteran (FK) UNS sudah menjadi favorit.

“Kuliah itu adalah sebuah pilihan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dan keahlian kita. Selain itu, melihat UNS telah menorehkan beragam prestasi baik di kancah nasional maupun internasional, maka adik-adik yang ingin masuk UNS harus siap untuk memenangkan persaingan,” ucap Dr. Syahril.

Sementara alumnus UNS seorang Islamic Finance Specialis, Greget Kalla Buana, S.E., M.Sc., IFP mengatakan untuk bisa masuk UNS harus well prepared, mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Korbid Sarjana SPMB UNS, Widiyanto, S.P., M.Si., Ph.D., menyampaikan bahwa untuk SM UNS jalur disabilitas, jalur prestasi, jalur kemitraan, dan jalur kepemimpinan muda akan berbasis nilai raport. Sedangkan untuk jalur ujian UNS, jalur UTBK, dan jalur kelas internasional akan menggunakan nilai ujian.

Adapun Korbid Penjaminan Mutu dan Pengembangan Naskah Soal Ujian SPMB UNS, Dr. Moh. Abdul Hakim, S.Psi., M.A, memaparkan tentang Petunjuk Ujian Daring SM UNS Jalur Ujian Tulis. Hakim menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian akan dilakukan di rumah menggunakan laptop dan handphone pribadi.

“Pelaksanaan ujian secara daring ini mengingat saat ini masih dalam keadaan Covid-19, serta untuk mencegah pula penularan Covid-19. Serta UNS berusaha meningkatkan seluas mungkin bagi yang ingin kuliah ke UNS. Karena ujian daring dapat dilaksanakan di rumah masing-masing tanpa harus datang ke UNS. Dan kami juga menyediakan banyak helpdesk untuk membantu adik-adik dalam pelaksanaan ujian tulis secara daring ini. Maka, saya himbau adik-adik untuk mempersiapkan dengan baik dan membaca informasi terupdate melalui website spmb.uns.ac.id atau Instagram @spmbuns,” tukas Hakim. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...