Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Jong Scientist UNS Bagikan Tips Mengikuti Kompetisi Ilmiah

May 10 @ 09:00 - 11:00

UNS – Klub Studi Ilmiah Jong Scientist Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah mengadakan diskusi daring dengan tema Partisipasi Aktif Pemuda Melalui Kompetisi Ilmiah Selama Study From Home. Acara ini menghadirkan alumnus UNS yang juga telah melanjutkan studi ke University of Leeds United Kingdom (UK) yakni Rachmad Adi Riyanto, M.Sc pada Minggu, (10/5/2020).

Diskusi yang diadakan melalui grup WhatsApp dan diikuti oleh mahasiswa UNS dari berbagai fakultas ini, membahas serba-serbi lomba ilmiah di dunia kampus.

“Mumpung di rumah saja nih, rajin-rajin cari informasi kompetisi ilmiah deh, bisa dengan googling menggunakan kata kunci-kata kunci tertentu seperti info LKTI, info lomba esai, dan sebagainya. Kebanyakan orang konon mager kalau di rumah saja, justru ini memperbesar kesempatan kita untuk jadi juara loh kalau kita bisa jadi 1 di antara orang-orang yang produktif karena ibaratnya lawan-lawan kita sedang tertidur tapi kita siap siaga untuk bertempur,” terang Adi yang merupakan alumnus Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS.

Pada diskusi ini, Adi mengingatkan bahwa ikut lomba ilmiah tidak harus sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Mencoba terlebih dahulu sangat disarankan. Apalagi, bagi mahasiswa yang kedepannya memiliki cita-cita ingin studi lanjut dengan beasiswa, track record sering mengikuti kompetisi ilmiah dapat menjadikan nilai lebih dibandingkan orang lain.

“Sebenernya ikut kompetisi ilmiah tidak harus yang benar-benar sesuai passion sih, yang penting coba dulu saja karena satu-satunya syarat utama untuk menjadi juara kompetisi adalah mendaftar. Yes, daftar, ikut kompetisinya, kalau kita gak pernah ikut kompetisi ya jangan harap jadi juara, hehehe,” tutur Adi.

Penerima beasiswa LPDP Kementerian Keuangan ini menjelaskan bagaimana langkah-langkah untuk mengikuti kompetisi ilmiah. Awalnya perlu untuk mengenali bakat dan minat masing-masing. Lalu, pasang target yang detail, seperti menjadi Juara 1 Lomba Esai Nasional.

Setelah itu, langsung akses internet untuk mencari informasi terkait kompetisi yang hendak diikuti. Jangan lupa, untuk mencari bahan materi untuk kompetisi yang diikuti. Apabila bahan materi telah didapat, segera susun outline untuk mempermudah mengembangkan gagasan dan mulai menulis. Lalu, baca tulisan yang telah dibuat dan evaluasi secara mandiri maupun minta tolong mentor. Langkah terakhir adalah dengan segera mendaftar kompetisi yang hendak diikuti, jangan sampai telat deadline pendaftaran. Humas UNS/Zalfaa

Details

Date:
May 10
Time:
09:00 - 11:00
Event Category:
Website:
bit.ly/diskusiramadhanproduktif2020

Organizer

Jong Scientist FMIPA UNS