Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Pancing Inovasi saat Pandemi, Puspari LPPM UNS Adakan Video Challenge “Ayok Mudik Virtual”

May 11 @ 08:00 - May 25 @ 17:00

UNS— Tradisi mudik dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri menjadi makna mendalam bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan situasi yang terjadi saat ini membuat kegiatan rutin tersebut tidak bisa dilakukan. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata dan Budaya (Puspari) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama dengan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Jawa Tengah mengadakan kompetisi video bertajuk “Ayok Mudik Virtual”.

Kepala Puspari LPPM UNS, Dr. Istijabatul Aliyah dalam Petunjuk Teknisnya menjelaskan agenda ini memiliki tujuan untuk mewujudkan kebutuhan tradisi dalam bentuk visual, memanifestasikan nilai-nilai mudik dalam situasi pandemi Covid-19 dan mempromosikan inovasi adaptasi masyarakat terhadap situasi saat ini. Kompetisi video dibuka untuk umum dari semua tingkatan umur dan latar belakang. Warga Negara Indonesia (WNI) dimanapun berada maupun non-WNI juga diperbolehkan untuk berpartisipasi. Video dapat dibuat secara individu maupun berkelompok.

Pendaftaran online bisa dilakukan mulai 11 Mei sampai 25 Mei 2020 mendatang melalui link bit.ly/mudikvirtual. Kemudian video bisa dikirimkan ke email panitia melalui mudikvirtual@iap-jateng.or.id cc ke mudikvirtual@gmail.com pada tanggal 26 Mei sampai 6 Juni 2020 sebelum pukul 23.59 WIB.

Peserta diperbolehkan mengembangkan tema yang masih terkait dengan mudik lebaran (Gema Takbiran, Sungkeman, Kearifan lokal dan lain sebagainya) serta mengandung pesan atau himbauan yang berhubungan dengan pandemi Covid-19. Perlu diingat bahwa karya yang disubmit bersifat orisinil, belum pernah diikutsertakan dalam lomba apapun dan diunggah atau dipublikasikan sebelumnya. Pastikan untuk menyebutkan tempat, orang dan aktivitas yang dimuat dalam video. Tidak diperbolehkan untuk menggunakan materi pendukung dari pihak ketiga tanpa izin tertulis dari pemiliki materi asli. Apabila akan menggunakan footage/music harus mencantumkan credit tittle berupa caption. Bagi video yang mengandung konten negatif, SARA, bentuk kekerasan dan bullying tidak akan diperhitungkan dalam penjurian.

Ketentuan yang perlu diperhatian untuk format video adalah durasi video maksimal 4 menit. Dapat menggunakan perangkat apapun dalam pengambilan gambar. Video dikumpulkan format file MP4 dengan kualitas suara dan gambar yang jelas. Penggunaan berbagai bahasa diizinkan tetapi wajib menyertakan subtitle dalam bahasa Indonesia.

Pengiriman video dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak yang terlibat dalam video. Sebelum diumumkan oleh panitia tentang kelanjutan kompetisi, peserta tidak dizinkan mengunggah ke akun media sosial manapun. Setelah selesai peserta diperbolehkan mengupload koten tersebut dengan menambahkan catatan karya telah diikutkan dalam Video Challenge Ayok Mudik Virtual yang diselenggarakan oleh PUSPARI UNS dan IAP Jawa Tengah. Panitia berhak mempublikasikan video peserta dalam kanal media sosial Puspari dan IAP Jawa Tengah. Serta keputusan penilaian pemenang tidak dapat diganggu gugat.

Penjurian akan dilakukan pada tanggal 7 sampai 28 Juni 2020 oleh dewan juri. Kemudian tanggal 29 Juni 2020 akan dilakukan pengumuman pemenang. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa menyimak penjelasan dalam bentuk audio ( bit.ly/audiomudik) atau menghubungi Avinda (0857-4090-3070) dan Anjang (0813-2717-5159).*Humas UNS/Ratri

Details

Start:
May 11 @ 08:00
End:
May 25 @ 17:00
Event Category:
Website:
bit.ly/mudikvirtual

Organizer

puspari LPPM
Email:
mudikvirtual@iap-jateng.or.id