Suyitno

Dr. Suyitno, M.Pd.

Lahir di Sukorejo, 22 Januari 1952. Pria yang memiliki NIP 195201221980031001 adalah staf Pengajar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. Riwayat pendidikan tinggi yang berhasil ditempuh adalah tahun 1977 lulus sarjana (S-1) dari IKIP Negeri Semarang pada bidang ilmu: Bahasa dan Sastra Indonesia, tahun 2004 berhasil menyelesaikan master (S-2) dari Universitas Sebelas Maret pada bidang ilmu: Pendidikan Bahasa Indonesia, dan pada tahun 2012 telah berhasil menyelesaikan program Doktor (S-3) dari Universitas Sebelas Maret untuk bidang ilmu: Linguistik Minat Utama Pengajaran Bahasa. Judul dan ringkasan disertasi disajikan dalam 2 (dua) versi bahasa Indonesia dan English sebagai berikut.

 

FEMINISME DAN NILAI PENDIDIKAN EMPAT NOVEL PENGARANG PEREMPUAN PERIODE 2000-AN (Pendekatan Sosiologi Sastra)

Permasalahan penelitian yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) mengapa teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia dapat disebut berisi pengucapan teks ideologi feminisme, (2) mengapa genetik teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia memiliki kegayutan dengan ideologi feminisme empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia, (3) mengapa horison penerimaan subjek terhadap teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia memiliki kadar hegemoni berbeda, (4) mengapa nilai-nilai pendidikan teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia memiliki kegayutan dengan nilai-nilai sosial yang melingkupinya. Imbas ikutannya menjadikan penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara diskursif-eksplanatorik: (1) pengucapan teks ideologi feminisme empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia, (2) kegayutan genetik teks dengan teks ideologi feminisme empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia, (3) horison penerimaan subjek pembaca teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia, dan (4) kegayutan nilai-nilai pendidikan teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia dengan nilai-nilai sosial yang melingkupinya.

Penelitian ini adalah sebuah studi kasus ganda terpancang karena empat novel yang diteliti memiliki karakteristik intrinsik yang berbeda. Pendekatan sosiologi sastra dalam penelitian ini juga secara terpancang (embedded) karena memusatkan studi pada beberapa aspek yang dipilah berdasarkan kepentingan berkait dengan sampel penelitian. Teknik penarikan sampel dilakukan melalui sampel seleksi berorientasi informasi (information-oriented selection sampling) yang secara umum dikenal sebagai sampel bertujuan (purposive sampling), yang di antaranya berdasarkan kasus paradigmatik gerakan feminisme. Alat bantu pendekatannya adalah metode hermeneutika sebagai cara menemukan realitas teks maupun hal yang melampaui teks dengan paradigma: (1) makna kata dari batang tubuh teks ditetapkan dengan merujuk pada koeksistensinya dengan kata-kata lain di sekitarnya (pada tataran wacana penafsiran bersifat holistik dan parsial secara sekaligus dengan segala keniscayaan efek ikutannya), (2) penafsir dan teks senantiasa terikat oleh konteks tradisinya masing-masing, sadar atau tidak penafsir selalu memiliki prapaham tertentu terhadap teks dan ini menjadikan penafsir sulit menafsirkan teks dari sisi yang netral (penafsiran hanya mungkin dilakukan melalui the fusion of horizons, yakni mempertemukan prapaham penafsir dan cakrawala makna yang dikandung teks), (3) teks dipraanggapkan sebagai tidak bersifat steril, tidak bersih dari jejak kepentingan ideologi dan karenanya harus disingkap melalui refleksi kritis untuk membuktikan selubung ideologisnya.

Penelitian ini memiliki 3 jenis data, terdiri dari: data objektif, data genetik, dan data afektif. Data objektif bersumber wacana empat novel objek kajian: Saman, Tarian Bumi, Geni Jora, dan Nayla; data genetik bersumber dari wacana konfirmatori proses kreatif pengarang perempuan periode 2000-an: Ayu Utami, Oka Rusmini, Abidah El Khalieqy, dan Djenar Maesa Ayu; dan data afektif bersumber dari wacana konfirmatori tentang horison penerimaan subjek pembaca empat novel objek kajian: Saman, Tarian Bumi, Geni Jora, dan Nayla. Sesuai dengan bentuk penelitian kualitatif dan juga sumber data yang dimanfaatkan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) content analysis (baca-catat-analisis) untuk memperoleh data objektif yang berkait dengan penggunaan bahasa dan ideologi feminisme yang bersumber wacana beramanat feminisme empat novel pengarang perempuan periode 2000-an; (2) wawancara mendalam untuk memperoleh data genetik proses kreatif empat novel objek kajian melalui life-history empat pengarang perempuan periode 2000-an; (3) wawancara mendalam dan focus group discussion untuk memperoleh data afektif yang berupa apresiasian yang bersumber subjek pembaca empat novel pengarang perempuan periode 2000-an. Untuk memperoleh derajat validitas dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber data yang melibatkan cross check data yang diperoleh lewat dokumentasi, wawancara mendalam, dan focus group discussion. Proses cross check kemudian di re-check lagi dengan investigator triangulation yang memakai dua teknik yaitu: member checks dan audit trail sehingga validitas data di dalam penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan.

Analisis dan pembahasan penelitian menghasilkan kesimpulan aposteriori bahwa: (1) Teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia tersebut berisi pengucapan teks ideologi feminisme karena: a) berisi provokasi ketimpangan hak-hak perempuan dengan laki-laki yang dievokasi oleh budaya patriarki, b) mengguncang identifikasian perempuan atas stereotip buruk dan marjinalisasi posisi perempuan di dalam dunia yang dikuasai laki-laki, c) mengguncang identifikasian perempuan atas stereotip sebagai lemah, penurut, penggoda, pelengkap laki-laki, penuntut, cerewet, dan emosional yang telah berabad-abad dibangun oleh teks-teks yang diciptakan laki-laki. d) mempertegas perlunya keterlibatan perempuan di dalam menuntut kesetaraan melalui budaya tulis karena selama ini perempuan telah dibuat lebih rendah oleh teks-teks yang diciptakan oleh para lelaki dan lalu diterimanya sebagai suatu kebenaran bahwa perempuan memang rendah menurut kodratnya, e) menyadarkan manusia berkeadaban, khususnya perempuan, bahwa sampai sekarang masih banyak perempuan yang tetap tidak menengarai bahwa posisi sebagai the second sex, the other, subaltern atau liyan adalah cara menjadi manusia yang buruk. (2) Genetik teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia memiliki kegayutan dengan ideologi feminisme empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia karena tersimpulkan bahwa keempat pengarang teks novel objek kajian berbicara tentang hasrat negosiasi feminisme dengan budaya patriarki di dalam karya mereka. Latar belakang kehidupan masing-masing empat pengarang perempuan periode 2000-an mengejawantah ke dalam novel mereka. Ayu Utami, Oka Rusmini, Abidah El Khalieqy, dan Djenar Maesa Ayu walaupun bertolak dari tema berisu sama tetapi tidak serta merta menghasilkan novel beraura intrinsik sama. (3) Horison penerimaan subjek terhadap teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia memiliki kadar hegemoni berbeda karena: a) kadar repositori kefeminismean masing-masing diri pembaca berbeda, b) kadar kompetensi referensial masing-masing diri pembaca berbeda, c) kadar kompetensi refleksi masing-masing diri pembaca berbeda. (4) Nilai-nilai pendidikan teks empat novel pengarang perempuan periode 2000-an sastra Indonesia memiliki kegayutan dengan nilai-nilai sosial yang melingkupinya karena: a) tidak ada novel yang berangkat dari kekosongan budaya, b) novel adalah buah dari konfigurasi nilai, c) dari tangan pengarang sebuah novel lahir tetapi penyemai ide-idenya adalah masyarakat.

Disarankan: (1). Novel Saman, Tarian Bumi, Geni Jora, dan Nayla selain harus diapresiasi sebagai pembawa nilai-nilai yang menimbulkan pro-kontra tetapi juga harus diapresiasi sebagai pembawa nilai-nilai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa karena novel-novel tersebut dapat menjadi sarana pencerdas bangsa secara intelektual, emosional, dan spiritual, (2). Novel Saman, Tarian Bumi, Geni Jora, dan Nayla harus dilihat sebagai teks pembawa simbol keinginan berkesetaraan wakil-wakil perempuan yang menyodorkan konsep bagaimana seharusnya masyarakat gender membangun dunia yang lebih manusiawi dengan menghormati subjektivitas perempuan, (3). Novel Saman, Tarian Bumi, Geni Jora, dan Nayla meskipun sebagai ekspresi seni bahasa yang bersifat reflektif sekaligus interaktif dapat menjadi spirit bagi munculnya gerakan perubahan masyarakat secara positif dan negatif, dampak ikutan negatifnya tidak perlu dikhawatirkan karena masyarakat komunitas sastra Indonesia hanya memberi tempat dan toleransi memulyakan hanya kepada nilai-nilai bawaan karya sastra yang memperkuat nilai-nilai sosial, (4). Semua pemangku kepentingan sastra Indonesia harus menyadari bahwa penciptaan iklim bersastra yang kondusif untuk bersastra adalah sebuah keniscayaan dan harus dilakukan selaras dengan upaya peningkatan daya apresiasi, kreasi, dan inovasi bangsa. Sikap prejudice terhadap gugus sastra jenis apapun harus dihindarkan, (5). Subjek harus melihat bahwa kebenaran dalam sastra tidak pernah ada yang selesai dan takterstruktur. Kebenaran dalam sastra selalu berproses lanjut dan selalu mencerminkan realitas yang harus dibaca berulang-ulang seperti teks. Realitas kebenaran dalam sastra harus dibaca berulang-ulang karena realitas kebenaran dalam sastra selalu terbarui dan kompleks, (6). Subjek harus melihat bahwa teks sastra adalah hasil dialog kelanjutan kreativitas kreator ketika menyikapi fenomena. Sewaktu mengentitas subjek majemuk teks sastra harus dibiarkan berkompetisi dengan teks-teks lain membentuk medan eksotopi yang memustahilkan kesempurnaan antara teks yang satu dengan teks lainnya, (7) Subjek harus melihat bahwa teks sastra adalah organisme hidup nirjasmani yang memiliki potensi makna relatif dan pengujiannya melalui waktu serta nilai-nilai universal. Karya sastra memungkinkan siapa saja memperoleh artikulasian makna hidup secara pasif maupun aktif, reseptif maupun produktif, (8) Guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang ingin menjadikan novel Saman dan Nayla sebagai materi bahan ajar harus berhati-hati dan menyadari bahwa kedua novel tersebut mengandung virus mental negatif yang harus disikapi secara cerdas dan berkearifan.

Kata Kunci: feminisme, sosiologi sastra, hermeneutika, hegemoni, kalis-hegemoni, horizon pembaca, stereotip bahasa perempuan.

Skip to content