UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersama dengan University of Electro Communications (UEC) Tokyo, Jepang menggelar [UNS] UEC Edu Fest 2021, melalui Zoom Cloud Meeting, Sabtu (13/3/2021) pagi.

[UNS] UEC Edu Fest 2021 digelar untuk memperkenalkan salah satu perguruan tinggi mitra internasional UNS, yaitu UEC kepada Sivitas Akademika UNS dan masyarakat luas.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan masing-masing perguruan tinggi. Dari UNS diwakili Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi, Prof. Sajidan, Head of UEC Office-UNS Indonesia, Dr. Budi Kristiawan, dan Kepala Pusat Studi Jepang (PSJ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, Dr. Eng. Kusumaningdyah.

Sedangkan, dari UEC diwakili Director of the Center for International Programs and Exchange, Prof. Dr. Shinichi Watanabe, Member of the Board of Directors for Education and International Strategy, Prof. Dr. Kohji Abe, dan Department of Mechanical and Intelligent Systems Engineering, Assoc. Prof. Dr. Koji Enoki.

Dalam sambutannya, Prof. Sajidan mengutarakan sejumlah rencana yang dapat dilakukan antara UNS dan UEC. Diantaranya, menyangkut kegiatan penelitian dan inovasi.

“Ada beberapa kemungkinan kolaborasi yang dapat dilakukan dalam waktu dekat. Bisa menggelar kegiatan keilmiahan skala internasional bersama untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan inovasi serta memperluas kerja sama ke bidang yang lebih luas, tidak hanya pada energi terbarukan dan teknik mesin,” ujar Prof. Sajidan.

Pada sesi perkenalan kampus, Director of the Center for International Programs and Exchange UEC, Prof. Dr. Shinichi Watanabe, memaparkan materinya berjudul “UEC at Glance”.

Ia mengatakan kawasan UEC dikelilingi oleh rimbunnya barisan pepohonan. Ada beberapa cara untuk mengakses UEC. Salah satunya dengan menumpangi kereta api yang memakan waktu 15 menit dari pusat kota Tokyo.

“Bisa dengan jalan kaki dari stasiun Chofu. Ketiga, bisa dari Bandara Haneda dan bisa juga dari Bandara Narita,” terang Prof. Dr. Shinichi Watanabe.

Di hadapan peserta [UNS] UEC Edu Fest 2021, ia menjelaskan UEC memiliki beberapa bidang penelitian. Seperti, informatika, komputer, rekayasa jaringan, teknik mesin, intelligent systems, dan engineering science.

“Kami UEC punya visi untuk menjdi perguruan tinggi yang mendunia. Dan, kami punya beberapa hasil riset, seperti snake robots, cryptographic control technology, dan optical frequency comb,” tambahnya.

Selain Prof. Dr. Shinichi Watanabe, Assoc. Prof. Dr. Koji Enoki yang pada tahun 2018 lalu pernah mengajar di UNS, juga membagikan pengalamannya saat berada di Indonesia dalam acara ini.

Melalui materinya berjudul “Good Collaborative Studies Developed from Our Close Relationship by Both Official and Private Activities”, ia menceritakan ihwal pertemuannya dengan Wakil Rektor bidang Akademik UNS periode 2014-2018, Prof. Sutarno.

“Saya berada di Indonesia pada tahun 2018 selama dua minggu. Saya sempat bertemu dengan Wakil Rektor UNS untuk memperkenalkan diri dan membicarakan kolaborasi studi di masa depan,” tutur Assoc. Prof. Dr. Koji Enoki.

Ia mengatakan dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia, ia sempat menjadi pembicara dalam salah satu konferensi internasional, yaitu ICIMECE dan berdiskusi tentang kolaborasi penelitian dengan mahasiswa UNS.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala PSJ LPPM UNS, Dr. Eng. Kusumaningdyah, mengatakan UEC dapat dilirik menjadi salah satu kampus idaman untuk studi lanjut di Jepang karena lokasinya yang strategis.

The University of Electro-Communication sangat tepat dan nyaman untuk dijadikan tempat menimba ilmu karena terhindar dari bising dan sesaknya pusat,” ucapnya.

Ia menerangkan UEC memiliki tujuh disiplin ilmu pada bidang teknologi modern. Diantaranya, Department of Information and Communication Engineering, Department of Computer Science, dan Department of Electronic Engineering.

“Selain itu, UEC juga memiliki Department of Applied Physics and Chemistry, Department of Mechanical Engineering and Intelligent Systems, Department of Systems Engineering, dan Department of Human Communication,” terang Dr. Eng. Kusumaningdyah. Humas UNS

Reporter: Yefta Christopherus AS
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Gandeng CV. Bina Cipta Abadi, FIB UNS Adakan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

UNS --- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan...

Adakan FGD, Fakultas Teknik UNS Siapkan Pembukaan Kelas Internasional di Dua Prodi

UNS --- Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap membuka kelas...

Kajian Dies Natalis ke-25 FMIPA UNS, Habib Novel Alaydrus Sampaikan Ceramah Tentang Keberkahan Hidup

UNS --- Pimpinan Majelis Ilmu dan Dzikir Ar-Raudhoh Habib Novel Alaydrus memberikan ceramah...

RG Indigenous Psychology UNS Bagikan Strategi Hidup Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Melalui SALAM SMART

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melalui Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM)...

UNS Raih Poin Tertinggi Pencapaian IKU di Tahun 2020/2021

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja...

Upaya Mengembangkan Potensi Desa, BEM FP UNS Tandatangani Kontrak Kerja Sama dengan Pemerintah Desa Ngunut

UNS --- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Buat Poster tentang Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet Dua Gelar Sekaligus di Ajang Aection 3.0

UNS --- Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa...

Bagikan Tips Obat Pegel Linu, Grup Riset Filologi Sastra Daerah UNS Kunjungi Warga Pajang Surakarta

UNS --- Minuman tradisional Jawa dengan sejuta khasiat sejatinya sudah sering ditemui sejak jaman...

Kuliah Umum UNS Bersama BPK Bahas Globalisasi dalam Sistem Perekonomian Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Kuliah Umum bertajuk Globalisasi dalam...

Ulas Bahasa dan Penerjemahan di Era Digital, Prodi S-2 Linguistik UNS Menggelar Seminar Internasional SEMIOTICS

UNS --- Program Studi (Prodi) S-2 Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelaas Maret (UNS)...