UNS — Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Tastaftiyan Risfandy, S.E., M.Sc,.Ph.D, Ph.D sukses memenangkan Research Grant Bank Indonesia (RGBI) tahun 2021. Tastaftiyan mengalahkan 1.334 pendaftar internasional dan meraih hibah dari Bank Indonesia dari topik UMKM.

RGBI merupakan hibah kompetisi riset oleh Bank Indonesia yang bertaraf internasional. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dari Bank Indonesia dengan mengangkat topik-topik tertentu setiap tahun. Pada 2021 ini, Tastaftiyan memenangkan hibah pada topik “Pengembangan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Inklusif: Peran Digitalisasi di Sektor UMKM”.

“Kami merasa terhormat karena kami bisa membawa nama baik UNS ke tingkat nasional dengan mengikuti kompetisi RGBI sampai pada akhirnya ditetapkan sebagai salah satu pemenang. Ini adalah kali pertama kami memenangkan kompetisi RGBI ini,” ujar Tastaftiyan saat dihubungi tim uns.ac.id, Selasa (3/5/2021).

Meski baru kali pertama menang RGBI, dosen yang juga anggota dari PUI-PT Center for Fintech and Banking UNS (UNS Fintech Center) ini mengaku pernah ikut terlibat mengerjakan beberapa proyek penelitian yang berasal dari pemangku kebijakan perbankan di Indonesia yaitu Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tastaftiyan juga tidak sendirian dalam proses pengajuan penelitian ini. Tastaftiyan dibantu oleh tim peneliti yang terdiri atas tiga orang yakni Tastaftiyan sebagai ketua tim peneliti serta Prof. Dr. Mansor Ibrahim (International Center for Education in Islamic Finance/INCEIF-Malaysia) dan Inas Nurfadia Futri, S.M. (UNS) sebagai anggota peneliti.

Penelitian yang diusulkan Tastaftiyan mengangkat isu tentang peran keuangan digital dalam memaksimalkan potensi konsumsi masyarakat di Indonesia khususnya pada saat pandemi Covid-19. Seperti diketahui bersama, adanya pandemi Covid-19 membuat aktivitas konsumsi masyarakat Indonesia menurun karena menurunnya pendapatan. Baik rumah tangga maupun UMKM mengalami penurunan aktivitas ekonomi karena tertutupnya peluang pendapatan mereka. Padahal, konsumsi merupakan kontributor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Penelitian yang diajukan ini mencoba menjawab pertanyaan apakah keuangan digital dapat membantu meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia sehingga bisa menjadi salah satu penolong pada saat krisis ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19 ini. Keuangan digital yang dimaksudkan dalam penelitian ini diantaranya pembayaran digital, investasi digital, dan pembiayaan digital.

Tastaftiyan mentargetkan penelitian yang diusulkan tersebut dapat memberikan luaran saran kebijakan dan luaran publikasi. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan landasan bagi pemegang kebijakan ekonomi Indonesia untuk mendukung perkembangan ekosistem keuangan digital di Tanah Air.

“Terkait dengan luaran publikasi, kami cukup optimis bahwa hasil penelitian kami nantinya dapat dituangkan dalam sebuah artikel empiris yang dapat diajukan ke jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus Q1-Q2, yang juga merupakan syarat mutlak dari penerima hibah RGBI ini,” tegas Tastaftiyan.

Selamat dan sukses untuk tim peneliti dalam melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...

Mahasiswa Arsitektur UNS Boyong Dua Gelar Juara di UGM

UNS --- Torehan prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas...

Pusdemtanas UNS: Pentingnya Perlindungan Hukum bagi Tenaga Medis dalam Penanganan Pasien Covid-19

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Alumni Jerman dan Austria di UNS Gelar Halalbihalal

UNS --- Para dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang merupakan alumni universitas di...

Lagi-lagi Raih Prestasi, Mahasiswa FISIP UNS Sabet Juara Broadcasting Competition 2021 Nuskara EO UNY

UNS --- Mahasiswa asal Program Studi (Prodi) S-1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan...

Keren, Mahasiswa UNS Juara 1 Lomba Poster Internasional

UNS --- Kabar gembira datang dari mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret...

Pakar Linguistik UNS Paparkan Studi Kasus Linguistik Forensik dalam Proses Persidangan Pidana

UNS --- Perkembangan cabang ilmu linguistik interdisipliner yang semakin luas mampu memberikan...