UNS — Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Research Group (RG) IPA dan Pembelajarannya menggelar kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk ‘Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar’ bertempat di Gedung A Lantai 2 FKIP UNS, Senin (27/6/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua RG IPA dan Pembelajarannya, Prof. Dr. Suciati, M.Pd., dengan didampingi anggota RG, yakni Febriani Sarwendah Asri Nugraheni, M.Pd., Bayu Antrakusuma, M.Pd., Meida Wulan Sari, M.Pd., Icha Kurnia Wati, M.Pd., Dyah Fitriana Masithoh, M.Si dan Dr. Bramastia, M.Pd.

Dalam sambutannya, Prof. Suciati menyatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki beberapa alasan, salah satunya adalah permasalahan yang semakin kompleks dalam dunia pendidikan. Maka perlu adanya pemecahan multidisipliner.

“Misalnya masalah lingkungan bisa ditinjau dari aspek biologis, fisika, dan lain sebagainya. Sehingga untuk memecahkan permasalahan sangat dibutuhkan peran serta teknologi dan butuh perhitungan juga, yakni melalui bantuan matematika,” terang Prof. Suciati.

Melanjutkan sambutannya, Prof. Seciati juga menyampaikan karena negara Indonesia ini terdiri dari multi etnik, sehingga harus dipandang sebagai bentuk kekayaan.

“Kekayaan yang ada saat ini bisa dijadikan bahan ajar yang berasal dari integrasi potensi yang ada di sekitarnya. Misal kearifan lokal, mulai membuat batu bata atau membuat makanan tape untuk dibuat analisanya dalam pembelajaran. Sehingga semua bisa menerapkan Etno-Sains dalam pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru secara profesional dan kompetensi sosial supaya bisa berinteraksi dengan semua lini,” tambah Prof. Suciati

Setelah sambutan selesai, dilanjutkan sesi pendampingan mengenai penyusunan perangkat pembelajaran berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar yang dipandu Febriani. Para guru dipandu mulai dari aspek kompetensi dasar apa yang ingin diajarkan, menjabarkan indikatornya secara rinci, memilah indikator menjadi komponen sains, teknologi, enginering dan matematika.

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

Selanjutnya, didampingi pula mengenai cara memahami masalah apa yang ingin diangkat dalam pembelajaran, karya apa yang ingin dimintakan kepada siswa untuk mengerjakan atau luaran apa yang ingin diharapkan dari kegiatan pendampingan ini.

“Tidak hanya itu, kita pandu pula mengenai kira-kira budaya apa yang ingin dikaitkan dalam pembelajaran dan dalam budaya tersebut, komponen apa yang paling menonjol yang ingin disampaikan kepada siswa,” terang Febriani.

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

Setelah sesi pendampingan, sekaligus menutup kegiatan tersebut Prof. Suciati menyampaikan harapannya dari pengabdian masyarakat ini. “Setidaknya bisa menjembatani bagaimana mendampingi penyusnan perangkat pembelajaran berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar dan saya berharap setelah mengikuti kegiatan ini kedepan dapat direalisasikan di sekolah masing-masing,” tutup Prof. Suciati. Humas UNS

Reporter: Erliska Yuniar Purbayani
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...