Dosen Pendidikan Geografi UNS Gelar DKT Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Kekeringan di Wonogiri

by | Jul 26, 2022 17:00 | Berita Terkini, Produk & Penelitian

UNS — Dosen Pendidikan Geografi FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Pusat Studi Bencana (PSB) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) dengan tema Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Kekeringan. Kegiatan tersebut digelar secara luring di Kelurahan Girikikis, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri pada Senin (18/7/2022).

Diketuai oleh Dr. Pipit Wijayanti, S.Si., M.Sc., tim tersebut terdiri dari Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si. dan Lintang Ronggowulan, S.Pd., M.Pd. Mereka merupakan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS. Kegiatan ini diikuti oleh perangkat desa, karang taruna, anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan 20 Ketua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Girikikis. Partisipan yang ikut serta dalam kegiatan ini nantinya akan diikutsertakan dalam menggerakkan masyarakat lain untuk menjaga dan mengelola kawasan karst.

Sebelum pelaksanaan DKT, Tim PSB LPPM UNS melakukan penggalian data mengenai tingkat kapasitas awal masyarakat melalui wawancara terbuka. Kemudian, DKT dimulai dengan pemberian materi berkaitan dengan ekosistem karst, hidrologi karst, dan konservasi kawasan karst.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama partisipan berkaitan dengan bencana kekeringan, pencemaran karst, serta konservasi dan adaptasinya. Kegiatan diakhiri dengan pemasangan rambu-rambu larangan membuang sampah pada sinkhole yang menjadi jalan masuknya air pada sistem hidrologi karst. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tidak membuang sampah pada sinkhole sehingga air tanah pada karst tidak tercemar kualitasnya.

Dr. Pipit mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap konservasi mata air. Dengan demikian, masyarakat akan memiliki kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam konservasi mata air dan terjadi perubahan pola pemanfaatan lahan yang lebih baik dan tepat.

“Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di Kelurahan Girikikis mengenai konservasi mata air. Dengan memiliki pengetahuan mengenai konservasi mata air, mereka akan memiliki kesadaran akan pentingnya partisipasi dalam konservasi mata air. Selain itu, akan memungkinkan juga terjadi perubahan pola pemanfaatan lahan ke arah yang lebih baik dan tepat,” kata Dr. Pipit.

Dosen Pendidikan Geografi UNS Gelar DKT Peningkatan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Kekeringan di Wonogiri

Lebih lanjut, Dr. Pipit berharap kegiatan DKT ini dapat menyadarkan masyarakat yang tinggal di kawasan karst untuk menjaga lingkungannya dari pertambangan maupun sampah. Dengan menjaga kawasan karst, maka kebutuhan air bersih akan terpenuhi

“Kami berharap kegiatan ini akan menyadarkan masyarakat yang tinggal di kawasan karst, khususnya di Kelurahan Girikikis untuk menjaga lingkungannya dari pertambangan maupun sampah. Karena aktivitas yang tidak menunjukkan kepedulian terhadap kawasan karst justru menjadi kerugian yang amat besar nantinya. Terutama untuk pemenuhan air bersih,” harap Dr. Pipit. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Rektor UNS Lepas Sukarelawan Sorti Kedua ke Cianjur

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta turut bergerak dalam upaya tanggap bencana gempa...

FISIP UNS Gelar Pentas Seni Budaya Bertajuk FISIP Bersimfoni dalam Dekade

UNS --- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Bantu Anak-Anak Belajar, HMP Demokratia UNS Laksanakan Civic Mengajar

UNS --- Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HMP Demokratia)...

Hebat! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Kompetisi Aksi Nyata Bangkit Pascapandemi Tingkat Nasional

UNS --- Tergabung dalam sebuah tim, lima mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan...

Mahasiswa Akuntansi FEB UNS Raih Juara Dua National Accounting Competition

UNS --- Prestasi di tingkat nasional kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Olimpiade Ekonomi Islam Nasional Universitas Riau

UNS --- Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas...

Mahasiswa UNS Raih Juara Tiga Lomba Marketing Communication Tingkat Nasional

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali meraih prestasi yang...

Membanggakan! Mahasiswa UNS Raih Medali Emas Pada Kompetisi Sains Tingkat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

UNS Melepas Kontingen Mahasiswa dalam PIMNAS 2022

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas kontingen mahasiswa dalam Pekan Ilmiah...

Adakan Visiting Profesor, FKOR UNS Hadirkan Dosen dari Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia

UNS --- Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar visiting...