UNS — Dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Grup Riset Material Maju dan Energy Storage Fakultas Teknik (FT) UNS memberikan pengenalan industri baterai Lithium-Ion (Li-Ion) kepada guru dan siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta pada Selasa (7/6/2022). Kegiatan tersebut merupakan pengabdian masyarakat yang bertujuan mengenalkan secara langsung mini plant baterai Li-Ion di Pusat Unggulan Ipteks – Perguruan Tinggi (PUI-PT) Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS.

Dihadiri oleh 14 orang yang terdiri dari 11 siswa jurusan Kimia Industri dan 3 Guru SMK Muhammadiyah 4 Surakarta, kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana, Tika Paramitha, S.T., M.T. “Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yakni meningkatkan kompetensi Guru dan siswa mengenai proses sintesis material aktif baterai Li-Ion dan fabrikasi sel silinder baterai Li-Ion,” ujarnya.

Dosen UNS Berikan Pengenalan Industri Baterai Lithium-Ion kepada Guru dan Siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian tata tertib dan prosedur keselamatan kerja di Laboratorium PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS yang meliputi penggunaan bahan-bahan kimia di laboratorium, simbol keselamatan kerja, serta Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Sebelum memasuki sesi penyampaian materi inti, peserta diberikan pre-test untuk mengetahui tingkat pemahaman awal terhadap baterai Li-Ion.

Sesi penyampaian materi dilakukan oleh Ketua Grup Riset Material Maju dan Energy Storage FT UNS, Dr. Ir. Endah Retno Dyartanti, M.T. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan baterai Li-Ion mengenai tipe dan aplikasinya, bentuk baterai Li-Ion, komponen penyusun baterai Li-Ion, metode sintesis material aktif baterai Li-Ion (katoda) dan teknik fabrikasi baterai Li-Ion (sel silinder).

Setelah pemaparan materi mengenai baterai Li-Ion, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke mini plant material aktif PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS. Pada sesi ini, peserta diberikan demo sintesis material aktif katoda NMC metode kopresipitasi skala laboratorium dengan bahan baku nikel sulfat, mangan sulfat, kobalt sulfat, dan litium karbonat.

Dosen UNS Berikan Pengenalan Industri Baterai Lithium-Ion kepada Guru dan Siswa SMK Muhammadiyah 4 Surakarta

Kunjungan juga dilakukan ke mini plant sel silinder baterai Li-Ion PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS. Pada sesi ini, peserta ditunjukkan alat-alat yang digunakan untuk fabrikasi sel silinder baterai Li-Ion. Siswa diberikan kesempatan untuk mengoperasikan beberapa peralatan seperti alat coating elektroda pada foil, mesin rolling press untuk pemadatan lapisan elektroda, alat pemotong lapisan elektroda sesuai ukurannya, alat pengelasan untuk menyambung ujung elektroda dengan plat nikel dan aluminium, dan alat grooving untuk memberikan uliran pada casing baterai Li-Ion.

Setelah pemaparan materi dan kunjungan ke mini plant PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS, peserta diberikan post-test untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber. Tak hanya itu, peserta juga diminta mengisi kuesioner mengenai penilaian pelaksanaan kegiatan dan saran yang membangun untuk kegiatan selanjutnya. Mengakhiri acara tersebut, peserta diberikan kesempatan untuk mencoba sepeda listrik dengan sumber energi dari baterai Li-Ion hasil produksi mini plant PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS. Humas UNS

Reporter: Erliska Yuniar Purbayani
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...