UNS — Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) UNS Green Earth yang beranggotakan  Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan pelatihan dan pendampingan pemetaan potensi desa di Balai Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Selasa (24/8/2021). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Radityo Sumarno selaku Camat Banyudono, Sri Sadono selaku Kepala Desa Dukuh, perangkat desa, pengelola wisata, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan masyarakat Desa Dukuh

Anggota tim PKM Green Earth terdiri atas Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc., Setya Nugraha S.Si., M.Si., dan Gentur Adi Tjahjono, S.Si., M.Pd.. Tidak hanya para dosen, terdapat pula 9 mahasiswa UNS yang turut terlibat dalam kegiatan ini.

Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan dibuka dengan sambutan Ketua Tim PKM UNS Green Earth, Dr. Rita Noviani, S.Si., M.Sc., Kepala Desa Dukuh, dan Camat Banyudono. Sebanyak 28 peserta dalam kegiatan ini diberi pelatihan selama dua sesi.

Sesi pertama merupakan sesi pemberian materi terkait dengan peta oleh Setya Nugraha, S.Si., M.Si. Berlanjut pada sesi kedua yaitu pelatihan pemetaan digital yang dibimbing oleh Gentur Adhi Tjahjono. S.Si., M.Pd. Dalam kegiatan ini juga diserahkan beberapa hasil terkait dengan pemetaan potensi desa yang telah dilakukan oleh tim PKM UNS Green Earth sebelumnya.

“Pada saat ini, seluruh desa diwajibkan untuk membuat peta potensi desa dalam mendukung SDGs Desa. Maka dari itu kami melakukan kegiatan pemetaan potensi ini dan melakukan pelatihan serta pendampingan agar kedepannya perangkat desa dapat melakukan update data terkait dengan potensi secara mandiri,” ujar Dr. Rita.

Dukung SDGs Desa, Tim PKM UNS Green Earth Beri Pelatihan dan Pendampingan Pemetaan Potensi Desa Dukuh, Boyolali

Pelatihan dan pendampingan pemetaan digital ini merupakan bentuk pengabdian dalam rangka mewujudkan SDGs Desa dengan adanya basis data geospasial dalam bentuk digital. Selain itu, hadirnya Camat Banyudono juga menjadi salah satu cara untuk mensosialisasikan pentingnya peta digital sehingga dapat diterapkan di desa-desa lain.

“Pemetaan peta digital akan mempermudah desa dalam administrasi karena hanya dengan satu kali klik dapat memunculkan berbagai informasi yang ada,” terang Radityo Sumarno selaku Camat Banyudono.

“Saya berterima kasih kepada UNS yang telah melakukan pemetaan digital potensi desa dukuh. Selain itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini juga membantu kami dalam input data kedepannya,” tutur Sri Sadono selaku Kepala Desa Dukuh.

Dalam pelatihan pemetaan digital seluruh komponen desa melakukan praktik pemetaan potensi desa. Beberapa perangkat desa dapat melakukan input data dalam QGIS sehingga telah terbentuk kemandirian dalam pihak desa. Dalam kegiatan ini juga dibahas terkait dengan pengembangan peta digital potensi desa sehingga dapat dimanfaat secara maksimal kedepannya. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Tingkatkan Pertumbuhan Sayur dan Buah, Mahasiswa UNS Rancang Alat Penyiram Otomatis dan Humidity Controller

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak pernah kehabisan akal untuk...

Prodi Sosiologi Fisip UNS Teken Kerja Sama dengan UIN Ar-Raniry Aceh

UNS --- Pada September 2021 ini, Program Studi (Prodi) S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim KKN UNS 148 Sosialisasikan Bahaya Covid-19 dan Vaksinasi untuk Lansia di Desa Gombang, Boyolali

UNS --- Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun. Sejumlah varian baru yang lebih...

Solutif dan inovatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Pelapis Antivirus Berbasis Selulosa sebagai Alternatif Pencegahan Penyebaran Covid-19

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan inovasi di tengah...

Dosen UNS Gelar Pendampingan Industri Jersey Printing melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat

UNS --- Jersey merupakan pakaian yang sering dipakai untuk kegiatan permainan sepak bola. Namun,...

FEB UNS Gelar Pelatihan Alat Analisis Kuantitif – IBM SPSS

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan...

Bimbingan Karir dan ‘Planner Book’, Program Gagasan Mahasiswa UNS Guna Mengurangi Kecemasan Karir Tunarungu

UNS --- Terobosan baru kembali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Kreatif dan Solutif, Tiga Mahasiswa UNS Sulap Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Plester Terapi Luka Diabetes

UNS --- Selama ini, Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) hanya dianggap sebagai limbah padat hasil...

Mahasiswa UNS Ciptakan Sabun Kertas Berbahan Alami

UNS --- Berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pandemi Covid-19, lima mahasiswa...

Tingkatkan Minat Bercocok Tanam Warga, Kelompok 333 KKN UNS Kenalkan Sistem Hidroponik

UNS --- Hidroponik menjadi salah satu inovasi dalam bercocok tanam yang makin menarik perhatian...