Bravo! UNS Kembali Sabet Juara 1 Lomba Debat Ekonomi Nasional 2018

UNS – Program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengirimkan 2 tim pada lomba Debat Ekonomi Nasional 2018 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia (IMAPESI) pada hari Minggu (29/4/2018) bertempat di Universitas Negeri Jember.

Sebelumnya, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Ekonomi melakukan seleksi ketat pada kandidat peserta lomba dan menghasilkan 2 tim perwakilan UNS yaitu tim A yang beranggotakan Fajarwati Sumardi Putri, Anisa Nurafi’dah, dan Andre Azis Setyoutomo serta tim B yang terdiri dari Laelatu Nur Khotimah, Indah Kristanti dan Lyly Sajidah Bestari.

Dalam ajang ini, Tim B UNS mampu meraih juara 1 mengalahkan 15 tim lain dari seluruh Indonesia yang diikuti Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa UNS mampu mempertahankan gelar juara Debat Ekonomi Nasional setelah di tahun 2017 lalu menyabet predikat yang sama di Universitas Siliwangi, Tasikamlaya.

Tim B UNS yang terdiri dari Laelatu Nur Khotimah, Lyly Sajidah Bestari dan Indah Kristanti, meraih juara 1 Lomba Debat Ekonomi Nasional 2018 yang diselenggarakan oleh IMAPESI di Universitas Jember pada Minggu (29/4/2018).

Keberhasilan tersebut tidak luput dari berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi dari masa persiapan hingga lomba berlangsung seperti sulitnya menyesuaikan jadwal latihan karena mereka berasal dari angkatan yang berbeda, dan berubahnya peraturan technical meeting yang mengakibatkan terbatasnya waktu persiapan materi debat.

Namun semua perjuangan terbayarkan dengan prestasi yang diraih. Dua dosen Pendidikan Ekonomi UNS, Budi Wahyono dan Leny Noviany juga membantu mencari materi debat selama proses persiapan untuk mendukung mereka maju di kompetisi tersebut.

Mereka berharap tahun depan bisa berpartisipasi kembali dalam lomba serupa dalam jangkauan yang lebih luas misalnya lomba debat antar jurusan bukan hanya bidang ekonomi saja tapi bidang politik, sosial atau yang lainnya serta mampu mempersiapkan lomba dengan lebih matang sehingga tidak terpengaruh dengan adanya hambatan saat kompetisi berlangsung.

Di akhir wawancara, mereka berbagi tips bagi mahasiswa UNS yang juga ingin berprestasi mengharumkan nama UNS diantaranya untuk meningkatkan literasi jangan hanya ketika dosen memberi tugas saja, tetapi bisa dilakukan dengan memperbanyak pengetahuan umum serta dengan melakukan apapun dengan maksimal karena hasil pasti akan mengikuti. humas-red.uns.ac.id/Ath/Isn

By | 2018-05-12T19:48:36+00:00 10 May 2018|Categories: UNS Student|