Berita TerkiniMahasiswa UNSUNS Student

Mahasiswa BK UNS Torehkan Prestasi di Ajang NESCO BK UNIMED

By 20 November 2020 No Comments

UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menorehkan prestasi dalam ajang National Essay Competition (NESCO) Bimbingan Konseling (BK) Universitas Negeri Medan (UNIMED) 2020. Mahasiswa UNS yang terdiri dari Novita Tri Hapsari, Lutfi Nur Khasanah dan Kus Puji Santoso Edo Widiantaka yang berasal dari Program Studi (Prodi) BK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS berhasil menyabet juara 2. Lomba ini dilaksanakan pada Senin (9/11/2020) lalu.

Pada ajang ini, mereka mengangkat penelitian yang berjudul AMCRITIC Game (Among Us Critical Thinking Game) : Permainan Edukatif Sebagai Media Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Critical Thinking bagi Generasi Z di Era New Normal. Penelitian ini mengangkat sebuah permainan yang sedang trend di kalangan anak muda bernama Among Us.

“Kami mengangkat game Among Us untuk dijadikan media layanan bimbingan kelompok melalui permainan karena game ini lagi trend ya dikalangan anak muda dan mudah diakses juga melalui smartphone masing-masing. Oleh karena itu, kami berinisiatif menggunakan game ini sebagai media edukasi. Tentu hal ini akan menarik minat generasi Z untuk mengikuti layanan bimbingan kelompok,” terang Lutfi saat dihubungi tim uns.ac.id, Jumat (20/11/2020).

Lutfi mengaku, mereka membutuhkan waktu kurang lebih 3 pekan untuk mengembangkan penelitian mereka. Lomba esai ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Mereka melalui 2 penyaringan seleksi. Pertama, dari berbagai karya esai yang terdaftar diambil finalis 10 besar yang berkesempatan untuk mempresentasikan karyanya, lalu dari 10 finalis tersebut hanya diambil 4 kejuaraan. Mereka mempresentasikan esai melalui Zoom Meeting dalam bentuk Power Point.

“Karena lombanya itu di tengah-tengah kesibukan kuliah dan bisa dikatakan kami mengetahui adanya lomba tersebut waktunya mepet. Kami mengikuti lomba dengan meminta bimbingan dari kakak tingkat BK angkatan 2017 yang pernah menang di kejuaraan esai juga, namanya Mbak Kristiana Firdausi. Kami bersyukur dapat juara 2,” ujar Lutfi.

Mereka merasa senang dapat meraih prestasi pada ajang NESCO BK UNIMED tahun ini.
“Alhamdulillah senang, pada akhirnya kami bisa memberikan prestasi bagi Prodi BK UNS. Selain itu, bisa menjadi penyemangat bagi mahasiswa BK UNS, khususnya bagi kami untuk mengikuti perlombaan kembali,” kata Lutfi.

Lutfi menambahkan, mereka berharap dengan adanya kejuaraan ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa BK UNS yang lain untuk ikut lomba. Semoga Prodi BK UNS dapat menjadi Prodi yang unggul dan berprestasi. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply