Mahasiswa UNS Juara 2 Lomba Poster I-CHALLENGE 2021

Mahasiswa UNS Juara 2 Lomba Poster I-CHALLENGE 2021

UNS — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengukir prestasi. Kali ini, kabar gembir datang dari Khanif Irsyad Fahmi, mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian (FP) angkatan 2018 dan Yokanang Chandra Arfiansyah, mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) angkatan 2018. Keduanya tergabung dalam sebuah tim yang berhasil menyabet juara 2 dalam lomba poster I-CHALLENGE 2021 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Brawijaya (UB).

Ajang I-CHALLENGE 2021 ini, mengangkat tema Pemanfaatan Rekayasa Energi dan Hayati Secara Berkelanjutan untuk Mengatasi Permasalahan di Era Modern. Khanif mengaku, tema lomba ini sesuai dengan ketertarikannya terhadap penyelesaian masalah lingkungan.

“Kebetulan tema lombanya Pemanfaatan Rekayasa Energi dan Hayati Secara Berkelanjutan untuk Mengatasi Permasalahan di Era Modern, sangat menarik dan cocok dengan ketertarikan saya terhadap masalah penyelesaian masalah lingkungan terutama sampah,” ungkap Khanif kepada tim uns.ac.id, Selasa (18/5/2021).

Khanif dan Yokanang mengangkat fokus pada pemanfaatan teknologi berupa lalat maggot. Mereka membutuhkan waktu dua hari untuk menggarap poster tersebut.

“Kami mengangkat tema Maggot: Teknologi Alam Pengurai Sampah. Sesuai dengan tema yang memanfaatkan teknologi hayati, kami menggunakan makroorganisme untuk mengatasi masalah sampah yang tak kunjung selesai,” terang Khanif.

Poster lalat maggot tersebut, berhasil menyisihkan lebih dari 160 peserta yang turut serta dalam lomba ini. Khanif dan Yokanang pun dinobatkan sebagai salah satu pemenang pada Minggu (9/5/2021) lalu. Meski digelar secara daring, mereka tetap senang atas kemenangan ini. Khanif yang kini juga menjabat sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FP merasa senang dapat membanggakan nama UNS di sela-sela kesibukannya.

Seneng banget. Bisa membanggakan nama UNS, karyanya juga bisa diakui dan dinilai baik oleh juri. Apalagi yang notabene bisa menjadi juara di sela-sela kesibukan sebagai presiden BEM,” ungkapnya.

Kedepannya, mereka berharap ide yang telah diusung dapat direalisasikan.

“Harapannya, apa yang menjadi ide kami itu mampu untuk direalisasikan, baik oleh saya sendiri maupun masyarakat. Karena dengan kita memanfaatkan maggot, secara tidak langsung kita juga menjaga lingkungan dan memperoleh keuntungan,” harapnya. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content