Mahasiswa UNS Torehkan Juara Dua Penulisan Proposal Riset Sawit pada Kompetensi Side Event Givest 2022

Mahasiswa UNS Torehkan Juara Dua Penulisan Proposal Riset Sawit pada Kompetensi Side Event Givest 2022

UNS — Prestasi membanggakan di tingkat nasional kembali sukses diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini, prestasi membanggakan tersebut diraih oleh Citra Apriliana mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS bersama Denis Octareta Amelia Putri, Qosrul Karimah, Widyan Muhammad Naufal, dan Wulida Rayhani yang kesemuanya dari mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UNS.

Mahasiswa tersebut sukses meraih juara dua lomba Penulisan Proposal Riset Sawit Side Event The Government Investment Insight (Givest) 2022. Adapun kompetensi tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Sistem Manajemen Investasi Kementerian Keuangan dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

“Perasaannya ketika diumumkan mendapatkan juara dua sangat kaget, karena pengumuman untuk kategori ini terlambat dan saya sendiri sempat salah baca dengan juara kategori karya tulis. Jadi awalnya saya berpikir tim saya tidak lolos. Tetapi rekan tim saya memberitahu bahwa tim kami lolos, dan saat itu saya merasa senang, bersyukur, dan bangga,” tutur Citra selaku Ketua Tim saat diwawancarai oleh uns.ac.id pada Senin (9/1/2023).

Citra menuturkan bahwa kerja sama tim yang baik, hingga akhirnya membuat progres kerja timnya menjadi cepat walaupun dengan persiapan yang terbilang mepet. Kemudian ia dan tim memiliki dosen pembimbing yang sangat mengayomi dan memberi banyak masukan.

“Harapannya semoga ide yang kami ajukan yaitu “Lignin-Containing Cellulose Nanocrystal Berbasis Limbah Biomassa Sawit sebagai Penghantar Metallodrug Organotin (IV) Tertarget Sel Kanker” bisa kami kembangkan dan dapat direalisasikan melalui penelitian, sehingga kebermanfaatan yang kami harapkan bisa terwujud,” ucap Citra.

Terakhir Citra berpesan apabila tertarik untuk mengikuti suatu perlombaan, jangan pernah berpikir untuk melakukannya nanti-nanti.

“Lakukan saja saat itu juga, coba saja dulu, dan jika gagal jangan merasa sedih ataupun menyerah. Karena dengan kegagalan tidak akan pernah sia-sia,” pungkas Citra. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content