Angkat Video Tentang Gout Arthritis, Mahasiswa UNS Raih Juara Airlangga Medical Scientific Week 2022

Angkat Video Tentang Gout Arthritis, Mahasiswa UNS Raih Juara Airlangga Medical Scientific Week 2022

UNS — Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UNS meraih Juara 2 Lomba Video Edukasi Airlangga Medical Scientific Week (AMSW) 2022. Mereka adalah Anindita Rahmawati, Tyasno Koeshermanto, dan Nabila Putri.

Kompetisi yang berlangsung secara luring pada 25—27 November 2022 ini diselenggarakan oleh FK Universitas Airlangga (Unair). Terdapat 13 peserta dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini dan hanya lima terbaik yang melaju pada tahap final di Unair. Anindita Rahmawati atau yang kerap disapa Dita menjelaskan bahwa mereka mengusung video tentang gout arthritis.

“Video pendek yang kami buat menggunakan konsep drama. Dalam video, terdapat informasi terkait definisi, epidemiologi, faktor risiko, tanda dan gejala, dan pencegahan gout arthritis yang disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat awam,” jelasnya, Jumat (23/12/2022).

Dita mengatakan bahwa ide ini dilatarbelakangi karena gout arthritis dapat menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya. “Gout arthritis merupakan penyakit yang banyak terjadi pada usia lanjut. Salah satu faktor risikonya adalah konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan dan makanan berlemak. Jika gout arthritis dibiarkan, dapat menyebabkan komplikasi. Oleh karena itu, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang langkah-langkah mudah pencegahan gout arthritis,” terangnya.

Angkat Video Tentang Gout Arthritis, Mahasiswa UNS Raih Juara Airlangga Medical Scientific Week 2022

Mahasiswa semester lima tersebut mengaku tidak menyangka mendapatkan juara karena persiapan dari tim lain yang juga sangat baik. Mereka bersyukur terhadap pencapaian dalam kompetisi ini.

“Saat diumumkan, kami bertiga sangat terharu dan bersyukur atas pencapaian kami. Semoga, bisa selalu berkarya dan menebarkan manfaat kepada masyarakat luas. Selain itu, kami ingin teman-teman lain termotivasi untuk memulai langkahnya dalam berkarya,” pungkas Dita. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content