UNS — Kemampuan menulis yang diikuti dengan kemampuan mendesain menjadi bekal yang menguntungkan di era digital seperti saat ini. Pasalnya, teknologi semakin memudahkan siapa saja untuk memperoleh informasi. Begitu pula informasi mengenai personal branding seseorang.

Media sosial, seperti instagram yang digandrungi berbagai kalangan, menjadi salah satu wadah yang bisa digunakan untuk membentuk personal branding. Sayangnya, media sosial ini menuntut masyarakat untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Tak hanya cukup dengan kemampuan menulis, personal branding melalui media sosial juga membutuhkan kemampuan mendesain.

Bekerja sama dengan Program Studi (Prodi) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) FISIP UNS mengadakan acara Webinar Nasional Kepelatihan Desain dan Kepenulisan. Mengangkat tema ‘Build the Personal Branding in the Digital Era’, Webinar Nasional ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (4/12/2021).

Dua pembicara andal mengisi Webinar Nasional Kepelatihan Desain dan Kepenulisan. Mereka di antaranya Muh. Azhar Suadi yang merupakan seorang konten kreator dan Armando Radityawan, Assesor Daya Dimensi. Kedua pembicara ini diharapkan dapat membagikan ilmu dan wawasan mereka mengenai pentingnya kemampuan desain dan kepenulisan dalam menciptakan personal branding di era digital. Hal tersebut selaras dengan tujuan dilaksanakannya Webinar Nasional ini, yaitu untuk menambah wawasan peserta mengenai desain grafis sebagai instrumen dalam membangun personal branding di media sosial.

“Membangun personal sangat direkomendasikan di media sosial karena bisa jadi portofolio dan jadi value buat diri sendiri,” ungkap Muh. Azhar Suadi.

Menurut Muh. Azhar Suadi, membangun personal branding melalui media sosial bisa dimulai dari menciptakan konten yang menarik, misalnya tips membuat desain yang dikemas dalam video pendek. Dewasa ini, video pendek seperti Tik Tok, reels, dan Youtube Shorts semakin digemari anak muda.

Ketika membangun personal branding di media sosial, kemampuan desain sangat diperlukan untuk melahirkan konten yang menarik perhatian. Hanya saja, Muh. Azhar Suadi berpesan agar peserta tidak terjebak dalam ‘konten yang menarik’. Sebab, desain grafis berbeda dengan konten creator yang bertugas mengonsep konten.

“Jadi enggak perlu konten yang ‘wah’, yang penting isi dari kontennya itu. Kalau cover headline enggak ada clickbait maka juga tidak menarik. Harus memikirkan headline dan cover karena ini penting. Sebab 3 detik pertama itu menentukan ketertarikan orang untuk berhenti nge-scroll. Rugi kalau bikin konten yang ‘wah’ tapi tidak menarik,” jelas Muh. Azhar Suadi.

Tak cukup membekali peserta dengan pemahaman mengenai desain grafis, Himasos juga membagikan tips membangun personal branding melalui Curriculum Vitae (CV) yang disampaikan oleh Armando Radityawan.

Bangun Personal Branding di Era Digital, Himasos FISIP UNS Gelar Webinar Nasional

Webinar Nasional yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB tersebut mendapat respon positif dari para peserta. Antusiasme mereka semakin bertambah saat Vina Damayanti -selaku moderator, memberikan sesi tanya jawab. Sejumlah peserta mengajukan pertanyaan mereka secara silih berganti. Akibatnya, Webinar Nasional tersebut menjadi ajang diskusi yang menyenangkan dan kaya wawasan. Humas UNS

Reporter: Alinda Hardiantoro
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...