Begini Kesan Mahasiswa Baru Mengikuti PKKMB UNS 2021

Begini Kesan Mahasiswa Baru Mengikuti PKKMB UNS 2021

UNS — Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah usai. Banyak rangkaian acara dalam PKKMB UNS tahun ini, seperti pengenalan organisasi dan mahasiswa berprestasi. Setelah usai, kegiatan kenal kampus dilanjutkan dengan PKKMB di tingkat fakultas dan Prodi.

Meskipun dilaksanakan secara daring, salah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), Innocentia Angelina De Vipyta mengaku sangat senang mengikuti PKKMB UNS ini.

“Seru, apalagi MC dan moderator sesi yang sangat komunikatif. Sesi-sesi yang diberikan pun benar-benar membantu saya sebagai mahasiswa baru sehingga saya bisa mengetahui bagaimana UNS dan sistem perkuliahan yang ada. Selain itu, saya juga bisa mengetahui informasi-informasi yang lengkap dari para pembicara yang sudah pasti terpercaya,” ungkap Angelina pada Senin (16/8/2021).

Begini Kesan Mahasiswa Baru Mengikuti PKKMB UNS 2021

Mahasiswa asal Kota Yogyakarta tersebut sangat terkesan ketika diajak keliling Kota Solo dan UNS secara virtual.

“Saya jatuh hati saat diajak keliling Kota Solo sekaligus saat diperlihatkan fasilitas-fasilitas di kampus UNS. Apalagi saya orang Jogja, jadi tidak sabar untuk segera main ke Solo dan kuliah offline. Saya juga terkesan dengan sesi Merdeka Belajar karena mahasiswa mempunyai hak untuk memilih materi di luar Prodinya,” tambahnya.

Angelina berharap semoga pandemi segera berakhir agar dapat kuliah secara luring. Ia juga tertarik untuk bergabung dengan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), seperti Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) dan Voca Erudita.

“Semoga, dengan rencana-rencana ini, saya bisa menjadi mahasiswi yang baik dan berbudi luhur, serta bisa menghormati sesama saya, seperti teman satu universitas, kakak tingkat, dosen, dan sivitas akademika lainnya,” harapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dito Nurbiat Moko, mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Ia mengatakan bahwa PKKMB daring dapat menambah wawasan dalam menggunakan aplikasi pertemuan, seperti Zoom Cloud Meeting, Google Meet hingga Google Formulir.

Begini Kesan Mahasiswa Baru Mengikuti PKKMB UNS 2021

“Dalam pelaksanaan PKKMB UNS terdapat perjuangan bersama teman kelompok yang bahkan belum dikenal tetapi harus dituntut kompak. Kemudian juga harus selalu tepat waktu dalam hal apapun, dengan cara seperti inilah kita dapat menambah circle dan wawasan terhadap sesama. Saya bangga bisa menjadi bagian dari PKKMB UNS,” ujarnya.

Selain kesan menyenangkan, Dito juga memiliki saran terhadap kegiatan PKKMB UNS tahun ini.

“Mungkin dalam pembuatan tugas-tugas bisa mengangkat atau mengambil tema yang sedang menjadi masalah di negeri ini. Jadi, diharapkan para mahasiswa dapat menyalurkan aspirasi dan pemikiran kritis terhadap masalah yang sedang terjadi,” ungkap Dito.

Meskipun dilaksanakan secara daring, tetapi PKKMB UNS tahun ini mendapat kesan yang menyenangkan bagi mahasiswa baru UNS. Setelah PKKMB usai, rencananya perkuliahan akan dimulai pada 23 Agustus mendatang. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content